HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN
DOI:
https://doi.org/10.35730/jk.v13i0.863Abstract
Minat kunjungan ulang adalah suatu keadaan untuk menggunakan kembali pelayanan disebabkan kepuasan terhadap pelayanan yang diperoleh sebelumnya, sedangkan pelayanan adalah suatu tindakan seseorang atau sebuah organisasi untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan, sesama karyawan, dan juga pimpinan. Kualitas layanan dapat dijadikan tolak ukur seberapa baik tingkat layanan yang diberikan mampu sesuai dengan ekspektasi atau harapan dari pelanggan. Skala pengukuran harapan pasien dapat diukur menggunakan skala Service Quality (SERVQUAL) yang terdiri dari 5 dimensi, yaitu bukti fisik (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy).Penelitian yang dilakukan adalah observasional analitik dengan pendekatan studi cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2022 di 20 puskesmas yang berada di wilayah Kabupaten Banyuasin dengan sampel sebanyak 93 sampel.Hasil penelitian setelah dilakukan uji chi square yaitu; terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan gigi dan mulut berdasarkan dimensi realiabillity (p=0.013), assurance (p=0.042), responsiveness (p=0.007), tangible (p=0,033). dan emphaty (p=0.014) dengan minat kunjungan ulang pasien ke Puskesmas di wilayah Kabupaten Banyuasin. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, setelah dilakukan uji multivariat diketahui bahwa dimensi responsiveness merupakan dimensi yang paling dominan dari kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut dalam menunjang minat kunjungan ulang pasien pada Puskesmas di wilayah Kabupaten Banyuasin dibuktikan dengan nilai p=0.005.
References
Amato, A. et al. (2020) ‘Infection Control in Dental Practice During the COVID-19 Pandemic’.
Aquilanti, L. et al. (2020) ‘Italian Response to Coronavirus Pandemic in Dental Care Access : The DeCADE Study’.
Arief Tarmansyah Iman, D. L. (2017) ‘Manajemen Mutu Informasi Kesehatan I: Quality Assurance’, in Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Asthiani RE, Tehrani S, Leon MR, Z. A. (2020) ‘Reducing the Risk of COVID-19 Transmission in Dental Offices: A Review’, Journal of Prosthodontics.
Astuti, S. (2020) Pengaruh Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Sentosa Baru Kota Medan. INSTITUT KESEHATAN HELVETIA.
Bustami (2011) Penjamin Mutu Pelayanan Kesehatan & Akseptabilitasnya. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Damanik, E. N. (2020) ‘Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Rendahnya Kunjungan Ulang Pasien Umum Di Unit Rawat Jalan Puskesmas Bandar Tinggi Kabupaten Simalungun’, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Deli Husada Deli Tua.
Direktorat mutu dan akreditasi pelayanan kesehatan (2021) Pedoman Tata Kelola Mutu Di Puskesmas.
Ditama, V. A. and Kasiwi, A. N. (2021) ‘Kebijakan tindakan praktik kedokteran gigi selama wabah COVID-19: tinjauan pencegahan global’, Tarjih: journal of government insight, 1(1), pp. 1–11. doi: 10.47030/jgi.v1i1.53.
Dona, R., Fitriani, A. D. and Aini, N. (2019) ‘RUMAH SAKIT SURYA INSANI PASIR PENGARAIAN RIAU TAHUN 2019’, 4(2), pp. 93–100.
Engkus (2019) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Cibitung Kabupaten Sukabumi’, 5.
Erni Gultom, R. R. D. (2017) ‘Konsep Dasar Pelayanan Asuhan Kesehatan Gigi dan Mulut’, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Faccini, M. et al. (2020) ‘Dental Care during COVID-19 Outbreak : A Web-Based Survey’, pp. 14–19.
Fahmi Kamal, Widi Winarso, L. M. (2020) ‘Peningkatan Kepuasan Mahasiswa Melalui Kualitas’, 16(1).
Falahchai, M. (2020) ‘Dental care management during the COVID-19 outbreak’, (April), pp. 1–10. doi: 10.1111/scd.12523.
Falahchai, M., Babaee Hemmati, Y. and Hasanzade, M. (2020) ‘Dental care management during the COVID-19 outbreak’, Special Care in Dentistry, 40(6), pp. 539–548. doi: 10.1111/scd.12523.
Ghozali, I. (2018) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hari Agung Susanto, N. I. O. (2020) ‘Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada pt astra internasional tbk honda cabang maros’, 2(1).
Hartig, M. et al. (2021) ‘Minireview Stopping the COVID-19 pandemic in dental offices : A review of SARS-CoV-2 transmission and cross-infection prevention’, pp. 2381–2390. doi: 10.1177/15353702211034164.
Ikenna Gerald Isiekwe, Tope Emmanuel Adeyemo, Elfleda Angelina Aikins, O. D. U. (2020) ‘Perceived Impact of The COVID-19 Pandemic On Orthodontic Practice By Orthodontists and Orthodontic Residents In Nigeria’, (January).
Iman, A. T. dan D. L. S. (2017) ‘Manajemen Mutu Informasi Kesehatan 1 : Quality Assurance’, Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia.
Imas Masturah, N. A. (2018) Metodologi Penelitian Kesehatan.
Imran, H. A. (2017) ‘PERAN SAMPLING DAN DISTRIBUSI DATA ( THE ROLE OF SAMPLING AND DATA DISTRIBUTION IN COMMUNICATION RESEARCH QUANTITATIVE APPROACH )’, pp. 111–126.
Jalias, S. J. F. D. and Idris, F. P. (2020) ‘Pengaruh mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut terhadap minat kembali pasien melalui tingkat kepuasan di puskesmas tamalate makassar 2020’, Journal of Muslim Community Health, 1(2), pp. 37–49.
Kemenkes RI (2020) Pedoman Teknis Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama.
Louisa, M. et al. (2021) ‘Pemeliharaan Kesehatan Gigi Dan Mulut Di Masa Pandemi COVID-19 Pada Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus’, Jurnal AKAL : Abdimas dan Kearifan Lokal, 2(1), pp. 1–10. doi: 10.25105/akal.v2i1.9030.
Mardianingsih, D. (2018) ‘Hubungan Persepsi Pasien tentang Kualitas Pelayanan dengan Minat Kunjungan Ulang di Klinik Pratama Ananda Kota Jakarta Timur Tahun 2017’, 2(2).
Nadya Bregida, Ahmad Zacky Anwary, S. A. (2021) ‘Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Minat Kunjungan Ulang Masyarakat di Puskesmas Sapala Kabupaten Hulu Sungai Utara’, 4(4), pp. 456–463.
Nia Anggraini, R. R. A. (2021) ‘Analisis Kepuasan Konsumen PT Hawaii Holiday Hotel Pekanbaru’, 1(9).
Nopiani, C. S. (2019) ‘Pelayanan Kesehatan Masyarakat Di Puskesmas Simpang Tiga Kecamatan Banyuke Hulu Kabupaten Landak’, Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 7(1), pp. 1–7.
Peng, X. et al. (2020) ‘Transmission routes of 2019-nCoV and controls in dental practice’, International Journal of Oral Science, (February), pp. 1–6. doi: 10.1038/s41368-020-0075-9.
Permenkes RI (2015) ‘Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 89 Tahun 2015 Tentang Upaya Kesehatan Gigi Dan Mulut’, Jurnal Teknosains, 44(8), p. 53.
Permenkes RI (2019) ‘Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Puskemas’, 3(2), pp. 1–9.
Ratna Sari Kasuba, Musiana, D. K. (2018) ‘Faktor – faktor yang mempengaruhi minat kunjungan pasien rawat jalan di puskesmas perawatan sulamadaha kota ternate barat tahun 2018’, pp. 17–22.
RI, K. K. (2020) ‘Pedoman Pencegahan dan Pengendalian CoronaVirus Disease (COVID-19)’, pp. 1–214.
Sardiawan, C. S. et al. (2015) ‘Hubungan persepsi dimensi mutu pelayanan dengan pemanfaatan pelayanan rawat jalan pada pasien jaminan kesehatan nasional di rumah sakit siloam bali’, (2), pp. 191–199.
Satuan Tugas COVID-19 (2020) Panduan dokter gigi dalam era new normal. Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia.
Sinollah, M. (2019) ‘Pengukuran Kualitas Pelayanan (Serqual -Parasuraman) Dalam Membentuk Kepuasan Pelanggan Sehingga Tercipta Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Toko Mayang Collection Cabang Kepanjen)’.
Stangvaltaite-mouhat, L., Uhlen, M. and Skudutyte-rysstad, R. (2020) ‘Dental Health Services Response to COVID-19 in Norway’.
Sukiswo, S. S. (2018) ‘Hubungan Kepuasan Pasien Dengan Minat Kunjungan Ulang di Puskesmas Sangkalan Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat’, V, pp. 52–61.
Sukur, M. H., Kurniadi, B. and N, R. F. (2020) ‘Penanganan Pelayanan Kesehatan Di Masa Pandemi COVID-19 Dalam Perspektif Hukum Kesehatan’, 1, pp. 1–17.
Susilo, A. et al. (2020) ‘Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini’, Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), p. 45. doi: 10.7454/jpdi.v7i1.415.
Triana Helmawati, S. D. H. (2013) ‘Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pasien Di Klinik Rumah Zakat Yogyakarta’.
Wahyu, I. (2018) ‘Minat untuk menggunakan kembali dan kesediaan rekomendasi pada pasien rumah sakit siloam asri’, Jurnal Hospitalia, 1(1), pp. 1–15.
Xu, P., Sun, G. and Li, Z. (2020) ‘Clinical characteristics of two human-to-human transmitted coronaviruses : Corona Virus Disease 2019 vs . Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus’, pp. 5797–5809.
Yuniarti (2021) Analisis Minat Kunjungan Ulang Pada Pasien Rawat Inap Di RSU Permata Medika Kebumen. Universitas Islam Indonesia.