Dampak Penggunaan Gadget terhadap Gangguan Emosi dan Status Gizi pada Remaja 11 -14 tahun
DOI:
https://doi.org/10.35730/jk.v12i0.538Abstrak
Salah satu wujud perkembangan teknologi yang sedang digemari adalah gadget. Besarnya manfaat perkembangan teknologi tetap membawa dampak negatif seperti kecanduan gadget. Saat ini belum terlalu banyak penelitian yang mengacu pada gangguan mental dan emosional secara lebih luas terutama pada anak di Indonesia yang merupakan dampak dari kecanduan gedget yang merupakan hasil negatif dari perkembagan teknologi yang sedang berkembang saat ini. Kecanduan gadget berdampak pada perkembangan anak dan remaja. Anak atau remaja yang kecanduan gadget akan asyik dengan dirinya sehingga mengabaikan lingkungan sekitar yang dapat mengabaikan jam tidur dan menurunkan prestasi belajar. Berdasarkan hasil studi pendahuluan melalui wawancara pada bulan Mei 2021 di Desa Marunggi terhadap 8 siswa diperoleh bahwa semua remaja menggunakan gadget dengan durasi ≥ 6 jam dalam sehari, 4 remaja mengatakan ketika bermain gadget makan tidak tepat waktu dan emosi tidak sabil, suka marah apabila di ganggu, tidak peduli dengan lingkungannya serta 4 remaja lain mengatakan ketika bermain gadget sambil makan-makanan ringan dan sambil bercanda dengan teman sebaya. Data lain menunjukkan bahwa 2 remaja mengatakan mengalami penurunan berat badan 1 kg, dan 2 remaja lainya mengatakan mengalami kenaikan berat badan 1 kg. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian cross sectional. Penelitian ini menggunakan teknik random sederhana (Proporsional Random Sampling), yaitu pengambilan sampel yang dilakukan dengan memberi peluang yang sama pada seluruh individu atau unit populasi secara acak dengan cara pengambilan yang lazim digunakan peneliti, dengan jumlah 50 responden. Pengolahan data secara Univariat dan Bivariat dengan memakai analisis Chi-Square secara komputerisasi. Hasil univariat ditemukan (52%) remaja menggunakan gadget, (72%) remaja memiliki stautus gizi tidak normal dan (56,3%) remaja memiliki emosi tidak normal. Terdapat hubungan yang bermakna antara penggunaan gadget dengan gizi Remaja. Dan terdapat hubungan yang bermakna antara penggunaan gadget dengan emosi remaja. Diharapakan dapat memberikan manfaat kepada responden tentang penggunaan gadget agar terhindar dari pengaruh buruk gadget. Serta melalui pengetahuan dan sikap yang dimiliki dapat menggunakan gadget secara tepat dan bijak dalam kehidupan sehari- hari.
Â
Referensi
Ahmad Ramadhan A, Farid A. Hubungan tingkat kecanduan Gadget dengan Gangguan Emosi dan Prilaku Remaja Usia 11-12 tahun. Jurnal kedokteran Diponegoro, 2017
Ameliola S, Nugraha HD. Perkembangan Media Informasi dan Tekonologi Terhadap Anak dalam Era Globalisasi. 5th International Conference Indonesian Studies "Ethnivity Glob. 2013;362–71.
Anggrahini SA. Dinamika Komunikasi Keluarga Pengguna Gadget. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga; 2013.
Goodman R, Ford T, Simmons H, Gatward R, Meltzer H. Using The Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ) to screen for child psychiatric disorder in community sample. Br J Psychiatry. 2010;177.
Harahap DF, Sjarif DR, Widodo DP, Tedjasaputra MS. Identification of emotional and behavior problems in obese children using Child Behavior Checklist (CBCL) and 17- items Pediatric Symptom Checklist (PSC-17). Paediatr Indones. 2010;50(1):42–8.
Jamni Teuku. Dampak gawai dan status gizi pada remaja di SMK Negeri 1 Lhoknga dan Poltekkes Aceh 2019. Jurnal SAGO Gizi dan Kesehatan Poltekes Kemenkes Aceh, 2020
Manumpil B, Ismanto Y, Onibala F. Hubungan Penggunaan Gadget dengan Tingkat Prestasi Siswa di SMA Negeri 9 Manado. Universitas Sam Ratulangi. 2015;3:1–6.
Marcella A. Berapa Lamakah Buah Hati Anda Boleh Menonton Televisi. 2012 [cited 2016 Jan 26]. Available from: http://jaringnews.com/hidup-sehat/medika/15809/berapa- lamakah-buah-hati-Anda-boleh-menonton-Televisi
Maulida HO. Menelisik Pengaruh Penggunaan Aplikasi Gadget terhadap Perkembangan Psikologis Anak Usia Dini [Internet]. Universitas Semarang; 2013. Available from: http://jurnalilmiah./2013/11/ menelisik-pengaruh-penggunaan- aplikasi.html
Santrok JW. Adolescence (Perkembangan Remaja). Jakarta: Penerbit Erlangga; 2013.
Trinika Y. Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) di TK Swasta Kristen Immanuel Tahun Ajaran 2014-2015. Pontianak; 2015.
Widiawati I, Sugiman H, Edy. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Daya Kembang Anak. Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu. 2014;106Wiguna T, Menengkei PSK, Pamel C,
Rheza AM, Hapsari WA. Masalah Emosi dan Perilaku pada Anak dan Remaja di Poliklinik Jiwa Anak dan Remaja RSUPN dr. Ciptomangunkusumo (RSCM), Jakarta. Sari Pediatr. 2010;12(4):270–7.
Yusuf EA, Zulkarnain. Masalah Emosi dan Perilaku pada Anak Penderita Hipotiroid Kongenital. Majalah Kedokteran Nusantara. 2016;39(4):379–85.