HUBUNGAN FAKTOR CARATIVE CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PARIAMAN
DOI:
https://doi.org/10.35730/jk.v13i3.877Abstract
Latar Belakang: Perilaku caring merupakan inti dari keperawatan dan menjadi sebuah focus sentral yang menyatu dalam praktik keperawatan. Asuhan keperawatan yang bermutu memperlihatkan sikap caring kepada pasien dan memiliki hubungan dengan kepuasan pasien. Penilaian kepuasan pasien digunakan untuk mengetahui kualitas pelayanan keperawatan yang diberikan kepada pasien.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara factor carative caring perawat dengan kepuasan pasien di RSUD Pariaman.
Metode: Penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan jenis kuantitatif, desain cross-sectional. Populasi penelitian pasien rawat inap, Teknik pengambilan sampel proporsional simple random sampling sebanyak 107 orang sampel. Dilakukan bulan mei 2016 didelapan Ruang Rawat Inap RSUD Pariaman. Penelitian ini menggunakan kuesioner, analisis data menggunakan analisis univariat, bivariat dan multivariat.
Hasil: Hasil penelitian dari tujuh sub factor carative caring semua berada pada kategori rendah dan dua sub variable tidak ada hubungan bermakna yaitu menerima ekspresi positif negative (p=0,175) dan mengembangkan kekuatan eksistensial dan fenomenologi (p=0,248), yang memiliki hubungan paling bermakna adalah variable membantu dalam pemenuhan kebetuhan dasar manusia (OR) 4,639. Diharapkan RSUD Pariaman dapat membudayakan factor carative caring pada setiap asuhan keperawatan yang diberikan kepada pasien.