HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RAWAT JALAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN

Authors

  • Hidayati Hidayati Institut Kesehatan Prima Nusantara Bukittinggi
  • Yuli Ismael Institut Kesehatan Prima Nusantara Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.35730/jk.v11i3.952

Keywords:

Waktu Tunggu, Kepuasan Pasien, Pasien, Rawat Jalan.

Abstract

Pendahuluan: Rendahnya kinerja pelayanan akan membangun citra buruk pada Rumah Sakit, dimana pasien yang merasa tidak puas akan menceritakan kepada rekan-rekannya, begitu sebaliknya semakin tinggi kinerja pelayanan yang diberikan akan menjadi nilai plus bagi Rumah Sakit. Persentase tingkat kepuasan secara keseluruhan pada bulan juni 2019 adalah 95,98%  di kategori puas, sementara data untuk kepuasan terhadap pelayanan rawat jalan adalah 63.7 %  yaitu dikategori tidak puas. 

Tujuan: .  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara waktu tunggu (Lead Time) pelayanan rawat jalan dengan tingkat kepuasan pasien di poliklinik penyakit dalam RSUD Sawahlunto

Metode: . Jenis penelitian adalah metode deskriptif analitik dengan desain penelitian cross sectional untuk melihat apakah ada hubungan waktu tunggu pelayanan rawat jalan dengan tingkat kepuasan pasien di poliklinik penyakit dalam  RSUD Sawahlunto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 573 orang dan sampel berjumlah 85 orang. Teknik pengolahan data menggunakan teknik komputerisasi dengan uji chisquare..

Hasil: . Dari hasil penelitian didapatkan hasil dari total 85  responden, kategori mendapatkan pelayanan kurang dari 60 menit yang berjumlah 54 orang (65,1%) yang puas terhadap pelayanan berjumlah 56 orang (67,5%). didapatkan hasil uji chisquare adalah 0,000, yang artinya siq > 0,05. Hal ini menunjukkan ada hubungan antara waktu tunggu (lead Time) Pelayanan Rawat jalan dengan tingkat kepuasan di poliklinik penyakit dalam RSUD Sawahlunto tahun 2020.

Saran: Disarankan pada rumah sakit agar lebih memerhatikan waktu tunggu aar kepuasan pasien semakin bagus dan lakukan survey kepuasan pasien secara berkala

References

Pohan.I.S. 2012. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta:Penerbit EGC.

Humas RSUD Kota Sawahlunto

Muthiah, dkk. 2017. Hubungan waktu tunggu pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien di poliklinik kebidanan dan kandungan RSUD kota Surakarta. Jurnal.

Al-Harajin. RS, et al. 2019. The association between waiting time and patient satisfaction in outpatient clinics: Findings from a tertiary care hospital in Saudi Arabia. Journal of Family and Community Medicine | Published by Wolters Kluwer – Medknow

Bayu Setyo Nugroho. (2017). Skripsi Pengaruh Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Pasien Di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Santa Clara Madiun Tahun 2017.

Ogaji, DS. et al. 2017. Waiting time and patient satisfaction: Survey of patients seeking care at the general outpatient clinic of the University of Port Harcourt Teaching Hospital. Medical Journal.

Laeliyah, Nur. Dkk. 2017. Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu. Jurnal.

Downloads

Published

2020-11-30