PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG KESIAPAN MENJADI ORANG TUA MELALUI PENDIDIKAN ANTENATAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD
DOI:
https://doi.org/10.35730/jk.v10i3.390Keywords:
Pendidikan antenatal, Kesiapan menjadi orang tua, pengetahuanAbstract
Gerakan 1000 hari pertama kehidupan merupakan periode emas bertujuan mempersiapkan generasi bangsa yang berkualitas. Dengan adanya gerakan ini pengertian transisi menjadi orang tua telah berubah dari yang awalnya masa yang diawali pada saat hamil dan berakhir beberapa bulan setelah kelahiran menjadi permulaan transisi dari keputusan pasangan menjadi hamil dan berakhir ketika anak berusia 2 tahun. Peran bidan sangat penting dalam penyiapan perkembangan 1000 hari pertama kehidupan terutama dalam menyiapkan pasangan usia subur menjadi orang tua. Peran ini telah diwujudkan melalui kelas antenatal yang juga merupakan salah satu program untuk mempersiapkan kelahiran. Namun berdasarkan pedoman kelas ibu hamil, kelas antenatal yang ada baru mencakup materi kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, perawatan bayi baru lahir, mitos, penyakit menular dan akte kelahiran sedangkan kesiapan menjadi orang tua tidak dimasukkan secara khusus ke dalam materi kelas antenatal tersebut. Penggunaan media flash card juga merupakah salah satu metode yang baru dalam penyuluhan bagi ibu hamil. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh penyuluhan kesiapan menjadi orang tua dengan media flash card pada ibu hamil terhadap peningkatan pengetahuan ibu. Penelitian quasi eksperimen ini menggunakan rancangan one group pre test post test design. Tempat penelitian ini adalah Puskesmas di Kabupaten Agam pada tahun 2019. Sampel dalam penelitian ini adalah semua pasangan usia subur yang mengikuti kelas ibu hamil di Puskesmas dengan teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling dengan pembagian wilayah yaitu Agam Timur dan Agam barat. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner, dan flashcard. Analisis data dilakukan menggunakan uji wilcoxon untuk melihat perbedaan antar nilai pre- test dan nilai post- test. Hasil penelitian didapatkan terdapat pengaruh antara pendidikan kesehatan dengan media flashcard terhadap pengetahuan ibu hamil tentang kesiapan menjadi orang tua di Kabupaten Agam dengan p value 0,000. Perlu adanya peningkatan dalam penggunaan media dan metode dalam memberikan pendidikan antenatal di kelas Ibu hamil sehingga dapat lebih menambah wawasan dan pengetahuan ibu.References
Barimani, Mia & Frykedal, Karin & Rosander, Michael & Berlin, Anita. (2017). Childbirth and parenting preparation in antenatal classes. Midwifery. 57. 10.1016/j.midw.2017.10.021.
Deave T, Johnson D, Ingram J. 2008. Transtition to Parenthood the needs of parents in pregnancy and early parenthood. BMC Pregnancy and Childbirth 8:30 (1-14).
Department of Health. 2009. Becoming a Parent Emotional Health and Wellbeing. Western Australia
Entsieh et al. 2016. First time parents prenatal needs for early parenthood preparation. Midwifery Journal of Elsevier 39 (1-11).
Indriana D. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran.Diva press. Yogyakarta.
Mihelic et al. 2018. Preparing parents for parenthood: protocol for a randomized controlled trial of a preventative parenting intervention for expectant parents. BMC Pregnancy and Childbirth 18:311 (1-13)
NCT. 2011. Preparing for Birth and Parenthood. NCT. London Susilana R, Riyana C. 2008. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Wacana Prima. Bandung
NHS. 2011. Preparation for Birth and Beyond. Department of Health. England.
Notoatmodjo . 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.
Nurdiyan A. 2012. Analisis Sistem Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil di Puskesmas Malalak dan Biaro Kabupaten Agam. Journal of Midwifery 1:1 (45-58)
Osorio et al. 2017. Preparation for Motherhood during Pregnancy: a Concept Analysis Invest Educ Enferm. 2017; 35(3).