Hubungan Persepsi Mahasiswa dengan Penggunaan Video APN saat Pembelajaran dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Askeb II Mahasiswa Semester III Prodi D-III Kebidanan STIKes Prima Nusantara Bukittinggi Tahun 2014

Authors

  • Fitri Fitri Rahmadhaniaty
  • Nikmatullah Nikmatullah Wahidah

DOI:

https://doi.org/10.35730/jk.v5i2.229

Abstract

Untuk menurunkan AKI dan AKB diperlukan bidan terampil yang dibentuk sejak masa pendidikan. Salah satu kompetensinya ialah asuhan persalinan yang terdapat dalam mata kuliah Askeb II dan salah satu sarana penunjang pembelajaran dikelas adalah media audio visual yang dapat menyampaikan pesan yang lebih realistis dan video ini telah diberikan oleh pendidik kepada peserta didik atau mahasiswa kebidanan dalam proses pembelajaran Askeb II. Namun dari evaluasinya masih terdapat mahasiswa yang 9,3% mahasiswa yang belum lulus mata kuliah ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap penggunaan video APN dalam pembelajaran dengan hasil belajar mata kuliah Askeb II. Penelitian ini bersifat analitik dengan pendekatan cross sectional. Dilakukan di STIKes Prima Nusantara Bukittinggi dengan jumlah sampel 129 mahasiswa D-III Kebidanan. Data dikumpulkan dengan mengambil hasil belajar dibagian evaluasi dan menyebarkan kuisioner penelitian, dan uji statistik menggunakan chi-square secara komputerisasi. Dari hasil pengolahan data yang dilakukan didapatkan hasil bahwa 66,7% mahasiswa yang memiliki persepsi yang positif terhadap penggunaan video APN dalam pembelajaran dan 90,7% mahasiswa lulus mata kuliah Askeb II. Mereka mengatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan video lebih menyenangkan dibandingkan dengan hanya mengunakan simulator. Hasil uji statistik menggambarkan bahwa nilai p=0,002 <0,05 dapat dijelaskan secara statistik bahwa terdapat hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap penggunaan video APN dalam pembelajaran dengan hasil belajar mata kuliah Askeb II. Karena itu perlu ditingkatkan sarana penunjang proses pembelajaran serta berbagai media yang dapat meningkatkan minat dan motivasi mahasiswa dalam belajar sehingga mempengaruhi hasil belajar mereka.

Published

2016-08-01

Issue

Section

Artikel