POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERILAKU TEMPERTANTRUM PADA ANAK

Authors

  • Dewi Anggraini
  • Tantry Wenny Sitanggang
  • Putri Aulia Damayanti
  • Mey Lys Ceryah Hutasoit

DOI:

https://doi.org/10.35730/jk.v13i0.807

Abstract

Latar Belakang Masalah: Temper tantrum adalah luapan emosi yang meledak-ledak dan tidak terkontrol. Perilaku tantrum yang intensitasnya terlalu tinggi pada anak tidak boleh dibiarkan karena akan mengakibatkan anak tidak mampu mengendalikan dan meluapkan emosi secara wajar dan tidak baik bagi perkembangan emosi anak. Dan bentuk pola asuh orang tua yang di terapkan kepada anak dari kecil sangat erat hubungannya dengan kepribadian anak setelah menjadi dewasa.

Tujuan : Mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan perilaku temper tantrum pada anak usia prasekolah (3-5 tahun) di Kelurahan Keranggan Kota Tangerang Selatan Tahun 2020.

Metode: penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, study cross sectional dengan uji Chi-Square dilanjutkan dengan Uji Fixer’s Exact. Sampel penelitian sebanyak 42 responden dengan menggunakan tekhnik probability sampling.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan responden yang menerapkan pola asuh demokratis dan tidak demokratis memiliki presentase yang sama yaitu masing-masing 21 responden (50,0%). Pada 21 responden yang menerapkan pola asuh demokratis sebagian besar memiliki anak dengan perilaku temper tantrum aktif yaitu sebanyak 13 orang (61,9%), sedangkang pada 21 responden yang menerapkan pola asuh tidak demokratis seluruhnya memiliki anak dengan perilaku temper tantrum. Hasil uji cross sectional terdapat 2 cell yang mempunyai nilai harapan yang kurang dari 5 sehingga peneliti menggunakan Uji Fixer’s Exact Test dengan nilai p value adalah 0,003 atau p < 0,05.

Simpulan: Ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan perilaku temper tantrum

References

R. S. Kirana, “HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN TEMPER TANTRUM PADA ANAK PRA SEKOLAH,” Universitas Negeri Semarang, 2014.

Z. Mulqiah, E. Santi, and D. R. Lestari, “POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK PRASEKOLAH (USIA 3-6 TAHUN),” Dunia Keperawatan, vol. 5, no. 1, p. 61, Jul. 2017, doi: 10.20527/DK.V5I1.3643.

A. ALINI and W. JANNAH, “HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEJADIAN TEMPER TANTRUM PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI KELOMPOK BERMAIN PERMATA,” J. Ners, vol. 3, no. 2, pp. 1–10, Oct. 2019, doi: 10.31004/JN.V3I2.395.

E. Supriyanti and T. B. Hariyanti, “STRATEGI MENGATASI TEMPERTANTRUM PADA ANAK USIA 3-5 TAHUN MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA DI TK WILAYAH TUMPANG KABUPATEN MALANG | Supriyanti | Jurnal Wiyata: Penelitian Sains dan Kesehatan,” J. Wiyata, vol. 6, no. 1, pp. 13–20, 2018, Accessed: Jul. 13, 2022. [Online]. Available: https://www.wiyata.iik.ac.id/index.php/wiyata/article/view/229.

L. S. Wakschlag et al., “Defining the developmental parameters of temper loss in early childhood: implications for developmental psychopathology,” J. Child Psychol. Psychiatry., vol. 53, no. 11, p. 1099, Nov. 2012, doi: 10.1111/J.1469-7610.2012.02595.X.

N. Zakiyah and T. Kurniawati, “HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEJADIAN TEMPER TANTRUM PADA ANAK USIA TODDLER DI DUKUH PELEM,” AISYIYAH YOGYAKARTA, 2015.

S. K. Dini Sukmalara, “Hubungan antara pola asuh orang tua dengan temper tantrum pada anak usia prasekolah di TK Nururrahman pekayon jaya bekasi selatan,” Ilmu Kesehat., no. 2, pp. 1–9, 2018.

Nur faizah rahmah, Mendesain Perilaku Anak Sejak Dini, Bersahabat Dengan Perilaku Buruk Anak. BINTAN: adi citra cemerlang, 2012.

S. Syamsudin, “Mengenal Perilaku Tantrum Dan Bagaimana Mengatasinya,” Sosio Inf., vol. 18, no. 2, pp. 73–82, 2013, doi: 10.33007/inf.v18i2.72.

I. Mauliyah and R. Artikel, “Perkembangan Mental Emosional pada Anak Umur 3-5 Tahun Ditinjau dari Sikap Orang Tua,” J. Ris. Kebidanan Indones., vol. 1, no. 2, pp. 48–55, Jul. 2017, doi: 10.32536/JRKI.V1I2.8.

A. Dariyo, Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. SLEMAN: Refika Aditama, 2007.

R. Mashar, Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. PT Prenada Kencana Media.

A. Fakriyatur, A. Kusuma Damayanti, T. Baitur Rohim Malang, and U. Wisnuwardhana Malang, “HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA OTORITER DENGAN TEMPER TANTRUM PADA ANAK USIA PRASEKOLAH,” PSIKOVIDYA, vol. 22, no. 2, pp. 144–163, Mar. 2018, doi: 10.37303/PSIKOVIDYA.V22I2.110.

F. Dinantia, G. Indriati, and F. A. Nauli, “Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Frekuensi dan Intensitas Perilaku Temper Tantrum pada Anak Toddler - Neliti,” JOM PSIK, vol. 1, no. 2, 2014, Accessed: Jul. 14, 2022. [Online]. Available: https://www.neliti.com/publications/188568/hubungan-pola-asuh-orang-tua-dengan-frekuensi-dan-intensitas-perilaku-temper-tan.

Downloads

Published

2024-09-02

Issue

Section

Artikel