PENGARUH TEKNIK DISTRAKSI BERCERITA TERHADAP INTENSITAS NYERI SAAT PEMASANGAN INFUS
DOI:
https://doi.org/10.35730/jk.v13i0.787Abstract
Latar Belakang Masalah: Nyeri merupakan pengalaman yang umum dirasakan oleh anak. Salah satu sumber nyeri yang dirasakan oleh anak pada saat hospitalisasi adalah ketika pelaksanaan tindakan invasif pemasangan infus. Teknik bercerita merupakan distraksi yang diharapkan dapat mengurangi nyeri.
Tujuan : Mengetahui pengaruh teknik distraksi bercerita terhadap intensitas nyeri pada anak saat pemasangan infus
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan quasi eksperimen dengan jenis post test-only non equivalent control group. Populasi penelitian ini adalah anak usia 3 - 6 tahun yang dilakukan pemasangan infus di RSIA Buah Hati Pamulang. Sampel penelitian sebanyak 32 anak yang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu 16 responden kelompok intervensi dan 16 responden kelompok kontrol, yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling.
Hasil: Hasil uji T independent, diperoleh P Value 0.003 (P Value <0.05), maka keputusan uji adalah Ho ditolak.
Simpulan: Maka ada pengaruh yang signifikan teknik distraksi bercerita terhadap intensitas nyeri pada anak pra sekolah saat pemasangan infus.
References
et al Nursalam, Asuhan Keperawatan Bayi dan Anak (Untuk Perawat dan Bidan). Jakarta: Salemba Medika, 2005. [Online]. Available: https://onesearch.id/Record/IOS1.INLIS000000000002994
M. Irwan, “Penanganan Nyeri Dengan Teknik Distraksi Pada Pemasangan Infus Anak : Literature Review,” 2020.
B. P. Statistik, Profil Anak Indonesia 2015. 2015.
S. Tarbiyah and Yuliastati, “Gambaran Tingkat Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah Saat Mengalami Hospitalisasi Di RS PMI Kota Bogor Tahun 2018 The Decription Of Anxiety Levels In Preschool Children Who Experience Hospitalization In RS PMI Kota Bogor Year 2018,” J. Manuscrif Mhs., 2018.
Y. Supartini, Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta: EGC, 2014. [Online]. Available: https://onesearch.id/Record/IOS13916.BHATT-07130000000222
J. M. Guise et al., “Agency for healthcare research and quality evidence-based practice center methods for systematically reviewing complex multicomponent health care interventions,” J. Clin. Epidemiol., vol. 67, no. 11, pp. 1181–1191, 2014, doi: 10.1016/j.jclinepi.2014.06.010.
Wong, Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Jakarta: Buku Kedokteran EGC, 2008. [Online]. Available: http://www.digilib.unipdu.ac.id/beranda/index.php?p=show_detail&id=4807
K. R. G. Gary A. Walco, Pain In Children: A Practical Guide for Primary Care Paperback. Humana; Softcover reprint of hardcover 1st ed. 2008 edition (Nov. 5 2010), 2005.
Endar Setyaningsih, “Pengaruh Metode Bercerita Dengan Boneka Jari Terhadap Tingkat Nyeri Anak Usia Prasekolah Saat Pemasangan Infus Di Rawat Inap Puskesmas Weru,” STIKes Kusuma Husada Surakarta, 2018.
A. F. Ulfa and S. Urifah, “Penurunan Respon Maladaptif Pada Anak Pra Sekolah Menggunakan Story Telling Book : Seri Pemasangan Infus Di RSUD Kabupaten Jombang,” Adi Husada Nurs. J., vol. 3, no. 1, pp. 1–6, 2017.
S. V. Kurdaningsih, S. Delina, and M. R. Firmansyah, “Literature Review : Pengaruh Terapi Non Farmakologi Terhadap Tingkat Nyeri Pemasangan Infus Pada Anak Prasekolah,” J. ’Aisyiyah Med., vol. 7, no. 1, 2022, doi: 10.36729/jam.v7i1.787.
P. Potter, Fundamental Nursing: Fundamental Keperawatan, 2nd ed. Jakarta: Salemba Medika, 2010. [Online]. Available: http://ww5.sulsellib.net/?&
M. K. Clara, Lita Andes and , Sulastri , S.Kp, M.Kes. and , Endang Zulaicha Susilaningsih , S.Kp, “Pengaruh Pemberian Glukosa Oral 40% Terhadap Respon Nyeri Pada Bayi Yang Dilakukan Imunisasi Pentavalen Di Puskesmas Baki Sukoharjo,” 2015.
A. Indah Lestari, Yeti Nurhayati, “Terapi Kompres Jahe dan Massage Pada Osteoartritis di Panti Wreda St. Theresia Dharma Bhakti Kasih Surakarta,” 2014.
R. Sarfika, N. Yanti, and R. Winda, “Pengaruh Teknik Distraksi Menonton Kartun Animasi Terhadap Skala Nyeri Anak Usia Prasekolah Saat Pemasangan Infus Di Instalasi Rawat Inap Anak Rsup Dr.M. Djamil Padang,” NERS J. Keperawatan, vol. 11, no. 1, p. 32, 2017, doi: 10.25077/njk.11.1.32-40.2015.
A. M. . . . Rudolph, Buku Ajar Pediatri, Jilid 2. Jakarta: Jakarta, 2014.
N. M, “Pengaruh Terapi Bermain Story Telling Terhadap Respon Nyeri Saat Pemasangan Infus Pada Anak Di Rsud Pandan Arang Boyolali,” 2018. [Online]. Available: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S0121-75772018000200067&lng=en&tlng=