GROUP COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KECAMASAN PADA KORBAN PERILAKU KEKERASAN (BULLYING) DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.35730/jk.v12i0.516Abstract
Berdasarkan data hasil riset Programme for International Students Assessment (PISA) 2018 didapatkan bahwa angka bullying yang dialami oleh siswa di Indonesia menempati urutan ke lima pada tingkat dunia. 4 dari 10 siswa di Indonesia pernah menjadi korban bullying. Angka tersebut sangat tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata negera peserta OECD yang ada pada angka 23%. Peningkatanan kekerasan di Sumatera Barat pada anak usia sekolah setiap tahunnya diatas 40%, dimana kota yang paling tinggi adalah Padang, Payakumbuh dan Solok. Salah satu dampak dari perilaku kekerasan pada anak (bullying) adalah cemas. Cemas merupakan suatu keadaan yang tidak nyaman diamana anak merasa tidak aman di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatasi kecemasan atau resiko gangguan psikososial dengan menggunakan terapi Group Cognitif Behavior therapy (CBT). Penelitian ini akan dilakukan di Kota Solok . Sampel dalam penelitian ini adalah anak sekolah dasar yang berada di kota solok yang pernah ,mengalami perilaku kekerasan (bullying). Untuk pengukuran tingkat kecemasan pada korban perilaku kekerasan (bullying) menggunakan alat ukur atau instrument yang dikenal dengan nama Hamilton Rating Scale For Anxiety ( HRS – A ) yang terdiri dari 14 kelompok gejala, Masing – masing kelompok gejala diberi penilaian angka atau skor antara 0 – 4. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi penurunan kecemasan pada korban perilaku bullying setelah dilakukan terapi group Cognitive Behavior Therapy (CBT) (p=0.031). Diharapkan CBT dapat diterapkan sebagai salah satu metode dalam pengurangan kecemasan yang dapat diberikan kepada korban bullying.
References
WHO.2010. Buletin of The World Health Organization :Prevention of bullying-related morbidity and mortality: a call for public health policies.who.int/bulletin/volumes/88/6/10077123/en/ doi: 10.2471/BLT.10.077123
OECD Country note. 2019. PISA 2018 Results. https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf
Sansone RA, Sansone LA. Bully victims: psychological and somatic aftermaths. Psychiatry (Edgmont). 2008 Jun;5(6):62-4. PMID: 19727287; PMCID: PMC2695751.
Pontillo M, Tata MC, Averna R, Demaria F, Gargiullo P, Guerrera S, Pucciarini ML, Santonastaso O, Vicari S. Peer Victimization and Onset of Social Anxiety Disorder in Children and Adolescents. Brain Sci. 2019 Jun 6;9(6):132. doi: 10.3390/brainsci9060132. PMID: 31174384; PMCID: PMC6627045.
KPAI. 2015. KPAI: Kasus Bullying dan Pendidikan Karakter.
Safaria Triantoro. 2014. The efficacy of art therapy to reduce anxiety among bullying victims.International Journal of Research Studies in Psychology 3(4). DOI: 10.5861/ijrsp.2014.829
ACBT. 2020. 54th Annual Convention : BULLYING | for Mental Health Professionals. https://www.abct.org/Information/index.cfm?m=mInformation&fa=fs_BULLYING_PRO
Sucipto. 2012. Bullying Dan Upaya Meminimalisasikannya Bullying And Efforts To Minimize. Psikopedagogia.Vol. 1, No. 1, Juni 2012 ISSN: 2301-6167
Otte C. Cognitive behavioral therapy in anxiety disorders: current state of the evidence. Dialogues Clin Neurosci. 2011;13(4):413-21. PMID: 22275847; PMCID: PMC3263389.
NHZ. 2019. Overview-Cognitive behavioural therapy (CBT).https://www.nhs.uk/conditions/cognitive-behavioural-therapy-cbt/
Deasy Irawati, Subandi,Retno Kumolohadi. 2011. Terapi Kognitif Perilaku Religius Untuk Menurunkan Kecemasan Terhadap Kematian Pada Penderita Hiv/Aids. Jurnal Intervensi Psikologi, Vol. 3 No. 2 Desember 2011
Intan Mariska Putri.2018. Skripsi : Efektivitas Cognitive Behavior Therapy Dengan Teknik Self-Management Untuk Mengurangi Kecemasan Menghadapi Pelajaran Matematika Peserta Didik Kelas Vii Smpn 11 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Della. 2012. Thesis : Cognitive Behavior Therapy untuk Meningkatkan Self Esteem pada Mahasiswa di Universitas Indonesia yang Mengalami Distres Psikologis. Fakultas Psikologis, Universitas Indonesia
Mega Lestari Khoirunnisa, Lia Hikmatul Maula, Desri Arwen. 2018. Hubungan Tindakan Bullying Dengan Tingkat kecemasan Pada Siswa Sekolah Menengah Jurusan (SMK) PGRI 1 Tanggerang. Jurnal JKFT:Universitas Muhammadiyah Tangerang Vol. 3, Juli –Desmeber, tahun 2018 :59-69
MartÃnez-Monteagudo, MarÃa C., et al. "Cyberbullying and social anxiety: a latent class analysis among Spanish adolescents." International journal of environmental research and public health 17.2 (2020): 406.
Ian Rivers, V. Paul Poteat, Nathalie Noret, Nigel Ashurst. 2009. Observing Bullying at School: The Mental Health Implications of Witness Status. School Psychology Quarterly American Psychological Association. 2009, Vol. 24, No. 4, 211–223
Kaczkurkin AN, Foa EB. Cognitive-behavioral therapy for anxiety disorders: an update on the empirical evidence. Dialogues Clin Neurosci. 2015 Sep;17(3):337-46. PMID: 26487814; PMCID: PMC4610618.
Rajabi M, Bakhshani N, Saravani M R, Khanjani S, Javad Bagian M. Effectiveness of Cognitive-Behavioral Group Therapy on Coping Strategies and in Reducing Anxiety, Depression, and Physical Complaints in Student Victims of Bullying, Int J High Risk Behav Addict. 2017 ; 6(2):e41463. doi: 10.5812/ijhrba.41463.
Betie Febriana. 2017. Penurunan Kecemasan Remaja Korban Bullying Melalui Terapi Kognitif. IJNP (Indonesian Journal of Nursing Practices) DOI: 10.18196/ijnp.1255
Muslim, Neviyarni , Yeni Karneli. 2019. Effectiveness of Cognitive Behavior Therapy in Improving Students’ Understanding of Bullying. Journal of Educational and learning Studies.Vol 2, No 2 (2019)