PENGETAHUAN DAN SIKAP MASYARAKAT DENGAN KEPUASAN PELAYANAN KESEHATAN PROGRAM JAMKESMAS DI KABUPATEN SELUMA

Authors

  • Veby Fransisca Rozi
  • Sri Zuharni

DOI:

https://doi.org/10.35730/jk.v8i1.285

Abstract

Program Jamkesmas adalah suatu program jaminan sosial yang diberikan kepada masyarakat miskin tanpa adanya kewajiban bagi masyarakat miskin untuk memberikan kontribusi premi atau iuran, dimana dalam menentukannya diperlukan seleksi atau mean test. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap masyarakat dengan kepuasan pelayanan program Jamkesmas di wilayah Puskesmas Air Periukan Tahun 2013. Jenis penelitian bersifat survey analitik dengan metode cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta Jamkesmas yang melakukan kunjungan di wilayah Puskesmas Air Periukan Tahun 2012 yaitu sebanyak 508 orang, sedangkan Pengambilan sampel dilakukan secara accidental sampling yaitu 128 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian ini menemukan bahwa dari 35 peserta Jamkesmas yang mempunyai pengetahuan kurang sebagian besar 27 (77,1%) merasa tidak puas dengan pelayanan Jamkesmas. Hasil Uji statistik menunjukkan nilai p=0,002, < nilai α = 0.05 hal ini berarti ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan masyarakat tentang pelayanan Jamkesmas dengan kepuasan pelayanan Jamkesmas di wilayah Puskesmas Air Periukan. Hasil penelitian ini juga menemukan bahwa dari 57 masyarakat peserta Jamkesmas yang mempunyai mempunyai sikap tidak mendukung sebagian besar 45 (78,9%) merasa tidak puas dengan pelayanan Jamkesmas. Hasil Uji statistik menunjukkan nilai p=0,00, < nilai α = 0.05 hal ini berarti ada hubungan yang bermakna antara sikap masyarakat tentang pelayanan Jamkesmas dengan kepuasan pelayanan Jamkesmas.

References

Arikunto, Suharsemi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, 2005, Pengantar Administrasi Kesehatan, Alfabet. Bandung.

Departemen Kesehatan R.I. 2008. Petunjuk Teknis Program Jamkesmas di Puskemas dan Jaringannya. Jakarta: Depkes R.I.

Dimas, 2009, Hubungan Kepuasan Peserta Jamkesmas Terhadap Pelayanan Rawat Inap Di Rumah Sakit Di RSUD.Gunungsitoli Kabupaten Nias Tahun 2008. Tesis. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara Medan, www. usu.ac.id, diakses tanggal 23 Januari 2013.

Hapsari, Rita, 2009, Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna Asuransi Kesehatan Jamkesmas Di Rumah Sakit Umum Daerah Banyudono. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta, www.ums.ac id, diakses tanggal 23 Januari 2o13

Notoamodjo, 2008, Pendidikan dan Perilaku Kesehatan, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Puskesmas Air Periukan. 2012. Laporan Tahunan Puskesmas Air Periukan Tahun 2012. Seluma: Puskesmas Air Periukan.

Zulfa, 2009, Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien Peserta Jamkesmas dan Pasien Umum di Instalasi Rawat Jalan RSUD Cilegon-Banten. Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia. Jakarta www.uii ac id. Diakses tanggal 28 Januari 2013.

Published

2017-02-07

Issue

Section

Artikel