GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG TOILET TRAINING DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) QURRATU ‘AINI KECAMATAN MANDIANGIN KOTO SELAYAN KOTA BUKITTINGGI

Authors

  • Nikmatullah Wahida

DOI:

https://doi.org/10.35730/jk.v3i1.173

Abstract

Di era globalisasisaatini, perempuan juga dituntut untuk memiliki tingkat pendidikan yang tinggi dan turut bekerja demi kemajuan suatu bangsa sehingga terkadang menekan perannya sebagai seorang ibu yang seharusnya mengawasi pertumbuhan dan perkembangan anak salah satunya dalam hal pengendalian kemampuan buang air. Toilet training pada anak merupakan suatu usaha untuk melatih anak agar mampu mengontrol buang air kecil dan buang air besar. Keberhasilan dan kegagalan toilet training dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya faktor pengetahuan dan cara ibu dalam menyikapi kesiapan anak untuk melakukan toilet training. Berdasarkan survei awal, 60% ibu tidak tahu tentang kesiapan anak dalam melakukan toilet training. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan dansikapibutentang toilet training di PAUD Qurratu ‘Aini kecamatan Mandiangin Koto Selayan Bukittinggi tahun 2012. Penelitian ini bersifat survei deskriptif dengan teknik analisa univariat. Populasi dalam penelitian ini adalah 28 ibu yang mempunyai anak usia 1- 3 tahun dengan seluruh populasi dijadikan subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapat dari hasil pengisian kuesioner oleh responden. Hasil penelitian yang didapatkan 53, 6% responden berpengetahuan tinggi dan sebagian responden menyikapinya dengan sikap positif (50%). Dapat disimpulkan bahwasanya pengetahuan ibu cukup tinggi dalam mengenali kesiapan anak melakukan toilet training, namun tidak semua ibu dengan pengetahuan tinggi dalam mengenal tanda anak siap melakukan toilet training menyikapinya dengan positif. Respondendapatmeningkatkan pengetahuan dan menyikapi toilet training dengan lebih positif sehingga tercapai derajat tumbuh kembang anak yang optimal.

Published

2016-07-29

Issue

Section

Artikel