PENGARUH PENGETAHUAN MAHASISWA TENTANG UJI KOMPETENSI TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA D-III KEBIDANAN DI STIKES PRIMA NUSANTARA BUKITTINGGI TAHUN 2015

Authors

  • Lismarni Lismarni

DOI:

https://doi.org/10.35730/jk.v7i1.299

Abstract

Dalam rangka penjaminan mutu lulusan pendidikan tinggi khususnya bidang Kebidanan dan Keperawatan, maka diperlukan standarisasi lulusan memalui uji kompetensi. Uji Kompetensi adalah suatu proses untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap tenaga kesehatan sesuai dengan standar profesi masing – masing. Indonesia memerlukan SDM Kesehatan bermutu, utamanya bidan. Maka dilakukannya upaya peningkatan SDM (sumber Daya Manusia) yang berkualitas dan berkompeten dalam praktik kesehatan. Penelitian  bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan mahasiswa tentang uji kompetensi terhadap minat belajar mahasiswa kebidanan di stikes prima nusantara bukittinggi, desain penelitian Cross Sectional, bulan Februari sampai Agustus 2015, jumlah sampel 186 orang dan tehnik sampel proporsional sampling. Pengumpulan data melalui dokumentasi jumlah mahasiswa kebidanan dan anket dengan kuesioner, data diolah dan dianalisis dengan komputer. Hasil penelitian didapatkan bahwa mahasiswa memiliki pengetahuan tinggi tentang uji kompetensi dan memiliki minat belajar juga tinggi sebanyak 53 responden (55,2 %), mahasiswa memiliki pengetahuan tentang uji dan memiliki minat belajar rendah sebanyak 43 responden (44,8%). Mahasiswa memiliki pengetahuan rendah tentang uji kompetensi namun memiliki minat belajar tinggi sebanyak 38 responden (42,8%) dan mahasiswa yang memiliki pengetahuan rendah dan minat belajar rendah sebanyak 52 responden (57,8%). Berdasarkan variabel yang diteliti tidak memiliki hubungan signifikan terhadap pengetahuan mahasiswa tentang uji kompetensi terhadap minat belajar mahasiswa dengan p-value 0,081. Dengan demikian diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan pengetahuan mengenai perkembangan  kebidanan di sertai dengan dorongan dan minat yang tinggi untuk dapat lulus dengan mutu yang berkualitas.

References

Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian, Jakarta ; Rineka Cipta.

Chandra, Budiman. 2008. Metode penelitian Kesehatan, Jakarta ; EGC

Sadirman. 2004. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Sastroasmoro, Sudigdo. 2013. Dasar – dasar metodologi penelitian klinis. Sagung Seto. Jakarta

Published

2016-02-25

Issue

Section

Artikel