PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA D-III KEBIDANAN STIKES PRIMA NUSANTARA BUKITTINGGI TAHUN 2013

Authors

  • Lismarni Lismarni

DOI:

https://doi.org/10.35730/jk.v7i2.268

Abstract

Keberhasilan pendidikan dapat dilihat dari prestasi belajar yang telah dicapai. Dalam proses belajar, kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosi saling melengkapi. Itu sebabnya kecerdasan intelektual (IQ) bukan merupakan satu-satunya faktor yang menentukan keberhasilan seseorang. IQ hanya menyumbang 20% bagi kesuksesan, sedangkan 80% adalah sumbangan faktor lain, diantaranya adalah kecerdasan emosional (EQ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mahasiswa D-III Kebidanan STIKes Prima Nusantara tahun 2013. Jenis penelitian ini adalah korelasional yang bersifat ex post facto. Populasi penelitian ini sebanyak 129 mahasiswa. Sampel yang diambil sebanyak 57 mahasiswa dengan metode Simple Random Sampling. Kriteria sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa tingkat I yang masih terdaftar serta bersedia menjadi responden. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala kecerdasan emosi dan arsip daftar nilai Indeks Prestasi semester II mahasiswa D-III Kebidanan STIKes Prima Nusantara tahun ajaran 2012/2013. Analisis data menggunakan teknik analisis korelasi pearson product moment. Berdasarkan perhitungan analisis pearson product moment, diperoleh hasil signifikansi (p) sebesar 0,042<0,05 dan koefisien korelasi (r) sebesar 0,270. Ini berarti terdapat hubungan kategori sedang antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar. Sedangkan arah hubungan adalah positif karena nilai r adalah positif yang berarti semakin tinggi kecerdasan emosional semakin meningkat prestasi belajar. Disarankan bagi pengelola institusi pendidikan hendaknya mempertimbangkan metode-metode pengajaran yang didalamnya dapat menciptakan kondisi-kondisi pengembangan kompetensi mahasiswa yang berorientasi pada pengasahan kecerdasan emosi dalam upaya meningkatkan prestasi belajar mahasiswanya.

References

Ahmad, Mudzakir. (1997). Psikologi Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia.

Ahmadi, A dan Supriyono, W. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Cooper, R.K. dan Sawaf A (1998). Executive EQ: Kecerdasan emosional dalam Kepemimpinan Organisasi, (Terjemahan T. Hermaya), Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Dahlan, Sopiyudin. (2011). Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan. Jakarta : Salemba Medika.

Daud, Metsi. (2010). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Tekhnik Bangunan Fakultas Tekhnik Universitas Negeri Manado. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Volume 1, No.1

Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Effandilus, Trio Eka. (2010). Manajemen dan Analisis Data Kesehatan. Padang : Universitas Baiturrahmah.

Frenty Rohmawati Sukma Nuryanti. (2010). Hubungan antara Kecerdasa Emosional dengan Prestasi Belajar Mahasiswa DIV Kebidanan FK UNS dalam situs http://www.lib.uin-malang.ac.id diunduh pada 18 Juli 2013.

Goleman, Daniel. (2002). Kecerdasan emosional (terjemahan). Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, D. (2005). Working With Emotional Intelligence: Kecerdasan Emosi Untuk mencapai Puncak Prestasi. Alih Bahasa: oleh Alex Tri K. Widodo. Jakarta : PT Gramedia.

Hasanah, K. (2013). Uji Korelasi Product Moment. Dalam situs http://www.statistikapendidikan.com diunduh pada 12 September 2013

IBI. Asosiasi Institusi Pendidikan Kebidanan Indonesia. (2012). Jakarta. Dalam situs http://www.hpeq.dikti.go.id diunduh pada 25 Juli 2013.

Iffah Nur Fidyatin. (2009). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas II MTsN Tembelang Jombang dalam situs http://www.lib.uin-malang.ac.id diunduh pada 13 Juni 2013.

Irwanto. (1997). Psikologi Umum. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Iskandar. (2009). Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Cipayung-Ciputat : Gaung Persada (GP) Press.

Mila Ratnawati. (1996). Hubungan antara Persepsi Anak terhadap Suasana Keluarga, Citra Diri, dan Motif Berprestasi dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas V SD Ta’Miriyah Surabaya. Jurnal Anima Vol XI No. 42.

Mulyati. 2004. Kontribusi Minat Baca dan Bimbingan Orangtua terhadap Prestasi Siswa Sekolah Dasar. Psikologika

Nana, Sudjana. (2001). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Cetakan ketujuh. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Nursalam. (2003). Konsep & Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Saifuddin, Azwar. (1998). Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi balajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset.

Santrock, John.W. (2010). Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta : Prenada Media Group.

Saphiro, Lawrence, E. (1998). Mengajarkan Kecerdasan Emosional Pada Anak. Jakarta : Gramedia.

Sarlito Wirawan. (1997). Psikologi Remaja. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sawitri, A. (2004). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas II SMU Lab School Jakarta. Skripsi

Sia, Tjundjing. (2001). Hubungan Antara IQ, EQ, dan QA dengan Prestasi Studi Pada Siswa SMU. Jurnal Anima Vol.17 no.1.

Singarimbun, M., & Effendi, S. (2006). Metode Penelitian Survai. Jakarta : LP3ES.

Slameto. (1991). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Sumadi, Suryabrata. (1998). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : Rosda Karya.

Timang, S.L. (2009). Pendidikan dan Manusia. Di unduh dari http//:www.Ipmak.org diakses pada 20 Mei 2013

Uno, H. B. (2012). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Widodo, B. S. (2008). Pentingnya Kecerdasan Emosional dalam Pendidikan. http://bambang-sw.blogspot.com/2008/05/pentingnya-eq.html. Diakses pada 21 Mei 2013

Wingkel, W.S. (1997). Psikologi Pendidikan Dan Evaluasi Belajar. Jakarta : Gramedia.

Winkel, W.S. (2009). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta : Media Abadi.

Published

2016-07-19

Issue

Section

Artikel