PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SPOTLIGHT TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII MTsN PAKAN RABAA KABUPATEN SOLOK SELATAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Authors

  • Yulia Ratna Sari

DOI:

https://doi.org/10.35730/jk.v8i1.284

Abstract

Kurangnya pemahaman siswa tentang materi yang disampaikan oleh guru mengakibatkan rendahnya hasil belajar biologi. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil belajar biologi siswa kelas VII MTsN Pakan Rabaa yang memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Salah satu penyebabnya adalah siswa kurang termotivasi untuk belajar karena pembelajaran masih didominasi oleh guru sehingga siswa sering meribut dalam kelas, interaksi antara siswa dan guru tidak ada atau tidak adanya feedback antara guru dan siswa, dan materi dirasakan sulit untuk dipahami. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakukan penerapan strategi pembelajaran Spotlight. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan rancangan Randomized Control-Group Postest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Pakan Rabaa Tahun Pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling dan yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII A dan kelas kontrol VII B. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa dan diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 76,40 dan kelas kontrol 56,27. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh harga thitung = 6,47 > ttabel = 1,88 yang berarti hipotesis penelitian H1 diterima. Jadi strategi pembelajaran Spotlight dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII MTsN Pakan Rabaa.

References

Ginnis, Paul. 2008. Trik dan Strategi Meningkatkan Pencapaian Pengajaran di kelas.

Lufri. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi. Padang: UNP Press

Sabri, Ahmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Jakarta: Quantum Teaching

Published

2017-01-14

Issue

Section

Artikel