PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP KOMPETENSI BIOLOGI SISWA KELAS VII MTsN PAKAN RABAA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Authors

  • Yulia Ratna Sari

DOI:

https://doi.org/10.35730/jk.v7i2.273

Abstract

Kurangnya pemahaman siswa tentang materi yang disampaikan oleh guru mengakibatkan rendahnya kompetensi siswa kelas VII MTsN Pakan Rabaa. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil belajar biologi siswa kelas VII MTsN Pakan Rabaa yang memperoleh nilai di bawah Kriteria ketuntasan Minimal (KKM). Salah satu penyebabnya adalah guru cenderung menerapkan metode ceramah dan tanya jawab. Selain itu guru biologi hanya menekankan pembelajaran pada aspek kognitif. Rendahnya hasil belajar juga ditentukan oleh pengetahuan awal siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, digunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan kemampuan awal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan kemampuan awal siswa terhadap kompetensi biologi siswa kelas VII MTsN Tahun Pelajaran 2014/2015â€. Jenis Penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan menggunakan rancangan The Static Group Comparison Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Pakan Rabaa tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Saturated Sampling dan yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII A dan kelas kontrol VII B. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir untuk melihat kompetensi ranah kognitif siswa dan lembaran penilaian aspek afektif dan psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kompetensi ranah kognitif siswa yang mengikuti model problem based learning berpengaruh secara signifikan, kecuali kompetensi ranah kognitif siswa yang berkampuan awal tinggi tidak berpengaruh secara signifikan. (2) kompetensi ranah afektif siswa baik yang berkemampuan awal tinggi dan rendah berpengaruh secara signifikan. (3) kompetensi ranah psikomotor siswa yang berkemampuan awal tinggi dan rendah berpengaruh secara signifikan. (4) tidak terdapat interaksi antara model problem based learning dengan kemampuan awal siswa terhadap kompetensi ranah kognitif belajar biologi siswa.

References

Lie. A. 2007. Cooperative Learning: Mempraktikan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo

Lufri. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi, Teori Praktik dan Penelitian. Padang: UNP Press

Muhamad. J. 2012. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa kelas V SD Di Kecamatan Batang Gansal Padangâ€. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Pasca Sarjana UNP

Sanjaya, W. 2011. Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenata Media Group

Usman, M. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Published

2016-07-19

Issue

Section

Artikel