Dampak Pola Asuh Ibu Bekerja Saat Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkah Laku Lekat (Attachment Behavior) Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.35730/jk.v12i0.536Abstract
Wabah virus corona atau covid-19 sangat cepat melanda dunia termasuk Indonesia sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan memutus mata rantai dengan diberlakukannya physical distancing yaitu mengharuskan bekerja dirumah atau yang disebut Work For Home (WFH), WFH ini sangat berdampak khususnya kepada ibu yang bekerja dimana ibu yang bekerja harus bisa membagi waktu dari segi pekerjaan maupun mengurus rumah tangga termasuk juga dalam memberikan pola asuh pada anak khususnya anak usia dini karena masa ini merupakan masa golden age dimana anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat dan tidak tergantikan pada masa mendatang sehingga dampak dari pola asuh ibu berpengaruh terhadap tingkah laku anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pola asuh ibu bekerja saat pandemi covid-19 terhadap tingkah laku lekat (Attachment Behavior). Penelitian ini bersifat analitik dengan desain Deskriptif Analitik, waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai Juni 2021 dengan jumlah sampel 50 orang ibu yang mempunyai anak usia dini 5-6 tahun. Hasil Penelitian menunjukkan adanya dampak yang signifikan antara pola asuh ibu bekerja pada saat pandemi covid-19 dengan tingkah laku lekat (attachment behavior) anak usia dini (p<0,05).
References
Word Health Organization. 2020. Corona Virus Disease COVID-19 pandemic
Tabi’in, A, 2020. Problematika Stay At Home Pada Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi Vol. 04 No. 1, Juni 2020, Hal. 190-200 E-ISSN : 2549-7367
Cao, W., Fang, Z., Hou, G., Han, M., Xu, X., & Dong, J. (2020). The psychological impact of the COVID-19 epidemic on college students in China. Psychiatry Research, 287(March), 112934. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.112934
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, 2018. Jakarta
Badan Pusat Statistik. 2020. Data Ibu dan Wanita Bekerja Se-Kabupaten Padang Pariaman
Rosleny Marlian, dkk. 2020. Regulasi Emosi, Stres, dan Kesejahteraan Psikologis: Studi Pada Ibu Work from Home dalam Menghadapi Pandemi COVID-19. Psikologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Lavi, I., Manor-Binyamini, I., Seibert, E., Katz, L. F., Ozer, E. J., & Gross, J. J. (2019). Broken bonds: A meta-analysis of emotion reactivity and regulation in emotionally maltreating parents. Child Abuse and Neglect, 88(October 2018), 376–388. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2018.11.016
Weinfeld, N.S., Sroufe, L.A., Egeland, B., & Carlson, E. 2018. Individual differences in infant- caregiver attachment: Conceptual and empirical aspects of security. Dalam Handbook of attachment: Theory, research, and clinical application. 2nd ed. J. Cassidy & P.R. Shaver (Eds.). New York: The Guildford Press.
Tabi’in, A, 2020. Problematika Stay At Home Pada Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi Vol. 04 No. 1, Juni 2020, Hal. 190-200 E-ISSN : 2549-7367
Surya, S., & Robert, H. (2014). Panduan lengkap perawatan untuk bayi dan balita. Jakarta: Arcan.
Imul Puryanti. 2013. Hubungan Kelekatan Anak Pada Ibu Dengan Kemandirian DiSekolahâ€. Skripsi, Semarang: UNES, tidak diterbitkan halaman 84
Amin, Mujiwat Kristiana, Dian Fadillah, M. (2020). Pengaruh Kelekatan Aman Anak Pada Ibu Terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun. Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1 2021), 127–134. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.504
Groos, Jacquelyn T., Stern, Jessica A., Brett, Bonnie E., Casside, J. (2017). The multifaceted nature of prosocial behavior in children: Links with attachment
Sugiyanto, W. P. (2015). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Prososial Siswa Kelas V SD Se Gugus II Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(IV), 1-10.
Nafratilawati, M. (2014). Hubungan Antara Pola Asuh Dengan Kesulitan Makan Pada Anak Prasekolah (3-5 Tahun) Di TK Leyangan Kabupaten Semarang. Jurnal: STIKES Ngudi Waluyo Ungaran. Retrieved from http://ejournalnwu.ac.id/article/view/1435905070
Yusiana. 2012 dalam Manumbalang ST, Rompas S, Bataha YB. 2017. Hubungan Pola Asuh dengan Status Gizi pada Anak di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Pulutan Kabupaten Talaud . e-journal Keperawatan (e-Kp) Volume 5 Nomor 2, Agustus 2017
Hardiyanti D (2017). Proses Pembentukan Kelekatan pada Bayi . Pawiyatan 24 (2) (2017) 1-10. IKIP Veteran Semarang. http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/pawiyatan
Masarik, A. S., & Conger, R. D. (2017). Stress and child development: A review of the Family Stress Model. Current Opinion in Psychology, 13, 85–90. https://doi.org/10.1016/j.copsyc.2016.05.008
Hale, T., Webster, S., Petherick, A., Philips, T., & Kira, B. (2020). Oxford COVID-government response tracker.
Shockley, K. M., Clark, M. A., Dodd, H., & King, E. B. (2020). Work-family strategies during COVID-19: Examining gender dynamics among dual-earner couples with young children. Journal of Applied Psychology. https://doi.org/10.1037/apl0000857
Salsabila DP, Putri SAA, Nafia ZI Yuwono S. (2021). Parenting of Parents Working from Home During the Pandemic: Pengasuhan Anak
Pada Orang Tua yang Bekerja dari Rumah Saat Pandemi
Proceding of Inter-Islamic University Conference on Psychology
Vol 1 No 1