EDUKASI KEMANDIRIAN KELUARGA TERHADAP PRILAKU PENCEGAHAN GIZI KURANG PADA BALITA: Systematika Review
DOI:
https://doi.org/10.35730/jk.v12i2.412Abstract
Latar Belakang Masalah: Balita merupakan populasi at risk karena memiliki beberapa faktor baik internal maupun eksternal yang dapat memengaruhi timbulnya masalah kesehatan diantaranya masalah Gizi kurang.Penyebab terjadinya gizi kurang balita terdiri atas penyebab langsung dan tidak langsung. Penyebab langsung berupa biologis, usia, dan penyakit infeksi, sedangkan penyebab tidak langsung berupa ekonomi, karakteritik keluarga, dukungan  keluarga dan perilaku keluarga. Keluarga sebagai sistem pendukung utama dalam menangani masalah gizi kurang. Peran perawat dalam mendukung agar keluarga secara mandiri melakukan perubahan perilaku pencegahan gizi kurang pada balita.
Tujuan : Mengidentifikasi literatur tentang Edukasi keluarga dalam Perilaku pencegahan gizi kurang pada Balita.
Metode: Pencarian artikel menggunakan tiga  mesin pencarian yang di publikasi dari tahun  2010 sampai 2021  Medline, Cinahl dan Science Direct. Fokus pencarian artikel untuk mengetahui efektifitas untuk menelaah efektivitas intervensi model promosi kesehatan terhadap kesiapan keluarga dalam melakukan pencegahan Gizi kurang pada ballita. Fokus  penelitian pada keluarga dan balita yang berjenis kelamin  perempuan dan laki-laki berusia   0 -60 bulan. Edukasi keluarga  berupa strategi yang diorientasikan kepada perubahan knowledge, affektif dan physcomotor agar keluarga balita memiliki kemandirian dalam perilaku pencegahan gizi kurang pada balita. Artikel penelitian menggunakan Randomized Controlled Trial..
Hasil: Semua penelitian melaporkan bahwa promosi kesehatan berbasis keluarga di komunitas  meliputi couching, counselling dan guideining dapat melakukan pencegahan masalah gizi kurang pada balita.
Dibutuhkan penguatan bagi keluarga agar komitmen melakukan tindakan pencegahan  gizi kurang pada balita.
References
B Nahar1,2, et al Effects of a community-based approach of food and psychosocial stimulation on growth and development of severely malnourished children in Bangladesh: a randomised trial, European Journal of Clinical Nutrition (2012) 66,701-709.
Choudhury N et al., 2020The evaluation of Suchana, a large-scale development program to prevent chronic undernutrition in north-eastern Bangladesh; BMC Public Healt(2020) 20:744
Freeman HE, Klein RE, Kagan J, Yarbrough C (1977). Relations between nutrition and cognition in rural Guatemala. Am J Public Health 67, 233–239
Glisson, C., Green, P., & Williams, N. J. (2012). Assessing the organizational social context (OSC) of child welfare systems: Implications for research and practice. Child Abuse & Neglect, 36(9), 621–632. (See also “Organizational Social Context Measure Overviewâ€
Hamadani JD, Huda SN, Khatun F, Grantham-McGregor SM (2006). Psychosocial stimulation improves the development of under- nourished children in rural Bangladesh. J Nutr 136, 2645–2652
Holt, D. T., Armenakis, A. A., Feild, H. S., & Harris, S. G. (2007). Readiness for organizational change: The systematic development of a scale. Journal of Applied Behavioral Science, 43(2), 232–255
Hossain MI, Nahar B, Hamadani JD, Ahmed T, Brown KH (2011). Effects of community-based follow-up care in managing severely underweight children. J Pediatr Gastroenterol Nutr 53, 310–319.
Mohammad Mohseni, et. al; Developing a model for prevention of malnutrition among children under 5 years old : BMC Health Services Research (2020) 20:718
Narjes Nooriani., Vida Mohammadi., Awat Feizi., Hossein Shahnazi., Gholamreza Askari., Elham Ramezanzade., (2019) The effect of Nutritional Education Based on Health Belief Model on Nutritional Knowledge, Health Belief Model Contructs, and Dietary Intake in Hemodialysis Patients. Iranian Journal of Nursing and Mildwifery Research
Pender, N. J., Murdaugh, CL. dan Parsons, M.A. (2011). Health Promotion in Nursing Practice. (5th.ed). Upper Saddie River, NJ: Prentice Hall
Sadler K, Puett C, Mothabbir G, Myatt M (2011). Community Case Management of Severe Acute Malnutrition in Southern Bangladesh. Feinstein International Centre Publication: USA.
Scott, V. C., Kenworthy, T., Godly-Reynolds, E., Bastien, G., Scaccia, J., McMickens, C., . Wandersman, A. (2017). The readiness for integrated care questionnaire (RICQ): An instrument to assess readiness to integrate behavioral health and primary care. American Journal of Orthopsychiatry, 87(5), 520–530
Stanhope & Lancaster . (2016) . Foundation of Nursing in the Community: Community- oriented practice (8tg ed). USA: Mosby