MODEL ROPES DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Authors

  • Yoko Masnarivan

DOI:

https://doi.org/10.35730/jk.v7i2.272

Abstract

Rencana pembelajaran merupakan program harian bersifat aplikatif yang disusun pendidik untuk satu atau beberapa pertemuan dalam mencapai satu kompetensi dasar. Model ROPES adalah sebuah perencanaan pembelajaran yang disusun secara sistematis, terdiri dari kegiatan Review, Overview, Presentation, Exercise, dan Summary. Implementasi Model ROPES sebagai salah satu rencana pembelajaran dalam mencapai satu kompetensi dasar diharapkan mampu menjadikan kegiatan pembelajaran lebih menarik, sehingga peserta didik berpartisipasi aktif karena pembelajaran yang berlangsung tidak membosankan. Penggunaan rencana pembelajaran yang tepat dan inovatif yang sesuai dengan kondisi pebelajar mampu memberikan alternatif keberhasilan mengenai materi yang disampaikan.

References

Undang-undang Republik Indonesia No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen [On Line]. [3 September 2016].

Djamarah. Dkk. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rhineka Cipta; 2002.

Rita C. Richey. Dkk. The Instructional Design Knowledge Base. New York & London: Routledge; 2011.

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya; 2013.

Sobry, Sutikno. Pengelolaan Pendidikan: Tinjauan Umum dan Konsep Islami. Bandung: Prospect; 2009.

Published

2016-07-19

Issue

Section

Artikel