HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL
Abstract
Kepuasan pasien merupakan indikator penting dan umum digunakan untuk mengukur kualitas dalam pelayanan kesehatan. Terdapat 5 dimensi dalam menilai mutu pelayanan, yakni bukti langsung (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (emphaty). Penurunan kualitas mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut di masa pandemi COVID-19 hampir di semua indikator pelayanan, mulai dari tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis tingkat kepuasan pasien peserta JKN terhadap mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas Akreditasi Paripurna di Kota Palembang berdasarkan dimensi tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty, selama masa pandemi COVID-19.Jenis penelitian ini adalah pendekatan observasional analitikdengan desain cross sectional studyyang dilaksanakan pada bulan Maret 2022 sampai dengan bulan Mei 2022. Sampel penelitian ini pasien poli gigi peserta JKN yang berkunjung ke poli gigi di Puskesmas Akreditasi Paripurna di Kota Palembang pada periode Maret sampai dengan Mei 2022 dan memenuhi kriteria inklusi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability samplingdengan metode sampling proportionate random sampling. Hasil analisis menunjukkan pasien poli gigi peserta JKN di Puskesmas Akreditasi Paripurna Kota Palembang selama COVID-19 menyatakan tingkat kepuasan pasien dalam kategori puas 82% dan tidak puas 18%.Tidak terdapat hubungan signifikan antara dimensi mutu pelayanan tangibles (p=0.189) dengan tingkat kepuasan pasien. Terdapat hubungan signifikan antara reliability, responsiveness, assurance (p=0.000) dengan tingkat kepuasan pasien, demikian juga pada aspek emphaty (p=0.035). Dari 5 dimensi mutu pelayanan, reliability merupakan factor yang paling dominan terhadap kepuasan pasien poli gigi peserta JKN di Puskesmas Akreditasi Paripurna Kota Palembang selama COVID-19.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiputra, I. M. S. et al. (2021) Metodologi Penelitian Kesehatan. Edited by R. Watrianthos and J. Simarmata. Denpasar: Yayasan Kita Menulis.
Alharbi, A., Alharbi, S. and Alqaidi, S. (2020) ‘Guidelines for dental care provision during the COVID-19 pandemic’, Saudi Dental Journal, 32(4), pp. 181–186. doi: 10.1016/j.sdentj.2020.04.001.
mtha, R. (2019) Panduan Dokter Gigi Dalam Era New Normal, Panduan Dokter Gigi Dalam Era New Normal. doi: 10.32793/monograph.v1i1.601.
Andira, A., Liliandrian, A. and Sukmawati, S. (2021) ‘Tingkat kepuasan pasien rawat inap perawatan kemuning berdasarkan mutu pelayanan pada masa pandemi covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah Polewali Mandar’, Journal Peqguruang: Conference Series, 3(2), p. 795. doi: 10.35329/jp.v3i2.2586.
Anggia, P., Yandi, S. and Mahata, I. B. E. (2020) ‘Kepuasan Pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) Terhadap Kualitas Dua Fasilitas Pelayanan Kesehatan Gigi’, Padjadjaran Journal of Denal Researcher and Student, 4(April), pp. 43–50. doi: 10.24198/pjdrs.v3i2.25763.
Anjarsari, K. P. et al. (2020) ‘Pola Aduan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Terhadap Pelayanan Kedokteran di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama’, 9.
Arikunto, S. (2012) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Ed, rev.,. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ariyanti, F. and Arofi, S. P. (2021) ‘Studi Mutu (ServQual) dan Kepuasan Pasien Berdasarkan Akreditasi Puskesmas’, Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 10(03), pp. 180–190. doi: 10.33221/jikm.v10i03.509.
Ashshiddiiq, Z. Z., Iswarani, I. N. S. and Brilyani, A. E. (2021) ‘Evaluasi protokol kesehatan praktek dokter gigi pada masa pandemi : literature review’, Prosiding dental seminar universitas muhammadiyah surakarta (densium) dental care and treatment during covid-19, pp. 207–220. Available at: http://hdl.handle.net/11617/12528.
Asriati, Y. (2020) ‘Beban Kerja Pelayanan Rekam Medis Di Masa Pademi Covid-19’, Jurnal Manajemen Informasi dan Administrasi Kesehatan (JMIAK), 3(2), pp. 44–49. doi: 10.32585/jmiak.v3i2.1019.
Astari, W. D., Noviantani, A. and Simanjuntak, R. (2021) ‘Kepuasan Pasien terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan di Era Pandemi Covid-19 di Rumah Sakit Mata Cicendo’, Journal of Hospital Accreditation, 03(1), pp. 34–38. Available at: http://jha.mutupelayanankesehatan.net/index.php/JHA/article/view/79.
Badan Pusat Statistik (2018) ‘Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2018’, Berita Resmi Statistik, (42), pp. 1–16. doi: No. 74/11/35/Th.XVI, 5 November 2018.
Bakri, H. (2020) ‘Quality Improvement of Community Health Center During Covid-19 Pandemic’, International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(4), pp. 345–354. Available at: http://ijmmu.com/index.php/ijmmu/article/view/1614%0Ahttps://ijmmu.com/index.php/ijmmu/article/download/1614/1280.
Basri, M. H. et al. (2021) ‘Healthcare Ecosystem Mapping in Primary Care: A Case Study in West Java, Indonesia’, Proceedings of the International Conference on Business and Engineering Management (ICONBEM 2021), 177, pp. 184–190. doi: 10.2991/aebmr.k.210522.025.
Berry, L. L., Parasuraman, A. and Zeithaml, V. A. (1988) ‘SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality’, Journal of retailing, 64(1), pp. 12–40.
BPJS (2013) ‘Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan’, Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan, pp. 2, 5-6.
BPJS Kesehatan (2020) Panduan Layanan Bagi Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Edisi I. Jakarta: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.
Budiman, Suhat and Herlina, N. (2010) ‘Hubungan Status Demografi Dengan Kepuasanmasyarakat Tentang Pelayanan Jamkesmasdi Wilayah Puskesmas Tanjungsari Kabupaten Bogortahun 2010’, Jurnal Kesehatan Kartika, pp. 1–17. Available at: http://www.stikesayani.ac.id/publikasi/e-journal/filesx/2010/201004/201004-006.pdf.
Chinintya, D. P. and Manalu, P. (2020) ‘Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan pada Pelayanan Kesehatan di Klinik Haji Medan Mabar’, Jurnal Kesehatan Global, 3(1), p. 1. doi: 10.33085/jkg.v3i1.4527.
Christasani, P. D. and Satibi, S. (2016) ‘Kajian Faktor Demografi Terhadap Kepuasan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional Pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama’, Journal of Pharmaceutical Sciences and Community, 13(01), pp. 28–34. doi: 10.24071/jpsc.2016.130105.
Dewi, R. R., Arifin, A. and Naiem, F. (2020) ‘The Influence of Medication Availability in BPJS Patient Satisfaction in Inpatient Rsud Lanto DG . Pasewang Jeneponto Regency’, International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, pp. 576–581.
Dinas Kesehatan Kota Palembang (2020) ‘Dinas Kesehatan Kota PalembangTahun 2020’, Profil Kesehatan Tahun 2021, (72), p. 23.
Fadillah, L. G., Azizah, S. Y. and Yunengsih, Y. (2021) ‘Analisis Mutu Pelayanan Pasien Rawat Jalan pada Masa Pandemi COVID-19 Klinik Utama Melati Bunda’, Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(10), pp. 1316–1322. doi: 10.36418/cerdika.v1i10.189.
Falahchai, M., Babaee Hemmati, Y. and Hasanzade, M. (2020) ‘Dental care management during the COVID-19 outbreak’, Special Care in Dentistry, 40(6), pp. 539–548. doi: 10.1111/scd.12523.
Fallahi, H. R. et al. (2020) ‘Being a front-line dentist during the Covid-19 pandemic: a literature review’, Maxillofacial Plastic and Reconstructive Surgery, 42(1). doi: 10.1186/s40902-020-00256-5.
Firdian, A. ., Hidayati and Fitria, I. (2021) ‘Potensi Aerosol pada Praktik Kedokteran Gigi sebagai Media Penularan Penyakit COVID-1’, Andalas Dental Journal, (77), pp. 34–40.
Fitriyana, R., Rattu, A. J. M. and Pangemanan, J. M. (2017) ‘Hubungan Antara Status Demografi dengan Kepuasan Pasien dalam Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Tuminting Manado’, Ikmas. Available at: http://ejournalhealth.com/index.php/ikmas/article/view/30
Gurzawska-Comis, K. et al. (2020) ‘Recommendations for dental care during COVID-19 pandemic’, Journal of Clinical Medicine, 9(6), pp. 1–15. doi: 10.3390/jcm9061833.
Hervina, Nasutianto, H. and Astuti, N. K. A. (2021) ‘Konsultasi dan Edukasi Masalah Kesehatan Gigi dan Mulut serta Protokol Kesehatan Selama Masa Pandemi COVID-19 Secara Online Melalui Teledentristry’, Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 4, pp. 299–306.
Idris, A. M. et al. (2020) ‘Gambaran Persepsi Pasien Terhadap Implementasi Pelayanan Kesehatan selama masa Pandemik COVID-19 di Wilayah Kota Depok Tahun 2020’, Jurnal Dunia Kesmas, 9(4), pp. 470–479. doi: 10.33024/jdk.v9i4.3212.
Imran, H. A. (2017) ‘Peran Sampling dan Distribusi Data dalam Penelitian Komunikasi Pendekatan Kuantitatif’, Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informartika, pp. 111–126.
Kementerian Kesehatan RI (2015) ‘Peraturan Menteri Kesehatan No. 99 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Kesehatan No. 71 Tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan pada Jaminan Kesehatan Nasional’, (15), pp. 1–13.
Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia (2020) ‘Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MenKes/413/2020 Tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)’, MenKes/413/2020, 2019, p. 207.
Khasanah, L., Septiyana, R. and Melanidewi (2016) ‘Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Pelayanan Dokter Gigi di Apotek Daerah Kendal Pada Bulan Maret Tahun 2016’, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal, 1(1), pp. 43–48.
Liasari, I. (2020) ‘Studi Literatur : Pencegahan Penyebaran Sars-Cov-2 Pada Praktik Kedokteran Gigi’, Media Kesehatan Gigi: Politeknik Kesehatan Makassar, 19(1), pp. 41–46. doi: 10.32382/mkg.v19i1.1598.
Manek, O. (2020) ‘Analysis Of Hospital Health Care, Health Facilities Level I Of BPJS Patients Satisfaction In Sikumana Public Health Centre Kupang’, Journal for Quality in Public Health, 3(2), pp. 544–552. doi: 10.30994/jqph.v3i2.104.
Marlina, S. et al. (2019) ‘Hubungan Status Akreditasi Puskesmas Dengan’, 8(1), pp. 1–12.
Marmeam, Utami, T. N. and Simanjorang, A. (2018) ‘Faktor Yang Memengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Zubir Mahmud Kabupaten Aceh Timur Tahun 2017’, Jumantik, 3(2).
Masturoh, I. and Anggita, N. (2018) Metodologi Penelitian Kesehatan. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Menap, Harmaen and Sastrawan (2021) ‘Quality of Health Services Before and During the Covid-19 Pandemic InPublic Health Center’, Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 9(2), pp. 225–232. Available at: http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/prismasains/index.
Mishbahuddin, Yenita, R. N. and Renti (2021) ‘Relationship of the Quality of Service To Patient Satisfaction for Users of Health Social Insurance Administrator Agency (Siaa)/Bpjs At the Midwifery Polyclinic of the Kepulauan Meranti District General Hospital’, Al Insyirah International Scientific Conference on Health, pp. 508–512. Available at: https://jurnal.stikes-alinsyirah.ac.id/index.php/aisch/article/view/1547.
Montol, S. A., Maramis, F. R. R. and Engkeng, S. (2016) ‘Hubungan Antara Status Demografi dengan Kepuasan dalam Pelayanan Pasien JAMKESMAS di Wilayah Kerja Puskesmas Ratahan Kabupaten Minahasa Tenggara’, (July), pp. 1–23.
Muhammad, J. M. and Mutiari, D. (2021) ‘Pola Ruang Gerak dan Sirkulasi di Klinik Gigi Gentan Sukoharjo Pada Masa Pandemi COVID-19’, pp. 1–8.
Murdiatama, D., Rifai, A. and Anggraeni, I. (2021) ‘The Effect of the Quality of Health Services on the Satisfaction of Patients at the East Langsa Community Health Center’, Journal La Medihealtico, 2(1), pp. 32–46. doi: 10.37899/journallamedihealtico.v2i1.290.
Mutiara, H. et al. (2018) ‘Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam RSUD Dr. H Abdul Moeloek’, Jurnal Kedokteran Unila, 2(1), pp. 31–36. Available at: https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/JK/article/view/1899.
Ningrum, R. M. et al. (2014) ‘Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan BPJS Terhadap Kepuasan Pasien di Poli Klinik THT RUMKITAL Dr. Ramelan Surabaya’, STIKES Hang Tuah Surabaya, 2014(4611), pp. 1–90.
Nugraha, B. et al. (2020) ‘COVID-19 pandemic in Indonesia: Situation and challenges of rehabilitation medicine in Indonesia’, Acta medica Indonesiana, 52(3), pp. 299–305.
Nurani, D., Kaseke, M. M. and Mongan, A. E. (2021) ‘Dampak Pandemi Coronavirus Disease-19 terhadap Mutu Pelayanan Kemoterapi di Ruang Delima RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado’, e-CliniC, 9(2), p. 412. doi: 10.35790/ecl.v9i2.33490.
Nurjannah, I., Trisna, P. and Raharjo, B. B. (2019) ‘Status Akreditasi Puskesmas dengan Tingkat Kepuasan Pasien’, Higeia Journal of Public Health Research and Development, 3(2), pp. 324–336. Available at: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/higeia/article/view/27138.
Pasalli’, A. and Patattan, A. A. (2021) ‘Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Fatima Makale Di Era New Normal’, Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 4(1), pp. 14–19. doi: 10.52774/jkfn.v4i1.57.
Peditto, M. et al. (2020) ‘Dentistry during the covid-19 epidemic: An italian workflow for the management of dental practice’, International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(9). doi: 10.3390/ijerph17093325.
Purnamawan, I. G. and Budiana, I. N. (2021) ‘Komitmen Mutu Pelayanan Sebagai Upaya Peningkatan Capaian Akreditasi Di Puskesmas Pada Era Pandemi Covid-19’, Media Bina Ilmiah, 16(2), pp. 6385–6402. Available at: http://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI/article/view/1244.
Putri, A. K. (2015) ‘Hubungan Motivasi Orang Tua Dengan Sikap Hygiene Reproduksi Remaja Putri Di Smpn 3 Jember Kabupaten Jember’, Repository.Unej.Ac.Id. Available at: https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65696.
Rahmadhani, W., Kusumastuti, K. and Phu MD, P. T. (2021) ‘The Effect of Service Quality on Patient Satisfaction in Obstetrics and Gynecology Polyclinic of PKU Muhammadiyah Gombong Hospital, Kebumen District During the Covid-19 Pandemic’, Jurnal Aisyah : Jurnal Ilmu Kesehatan, 6(3), pp. 515–519. doi: 10.30604/jika.v6i3.642.
Ricardo, S., Amalia, A. R. and Margono, A. (2022) ‘Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa tentang Pencegahan COVID-19 dengan Praktik Pelayanan di RSKGM FKG UI Studi pada Mahasiswa Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi’, Padjadjaran Journal of Dental Researchers and Students, 6(1), p. 52. doi: 10.24198/pjdrs.v6i1.36179.
Rini Susanti and Victor E. D Palapessy (2021) ‘The Comparison Of Service Quality For Bpjs And Non Bpjs Users In Batam Health Facilities’, International Journal of Science, Technology & Management, 2(6), pp. 2260–2266. doi: 10.46729/ijstm.v2i6.400.
Sabilla, A. G. (2020) ‘Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingat Kepuasan Pasien Pengguna Bpjs Di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama’, Medika Hutama, 02(01), pp. 402–406.
Sadaningsih, D. P., Listiyawati and Irsal, I. (2021) ‘Gambaran Tingkat Kepuasan Mutu Pelayanan Poliklinik Gigi Rumah Sakit Tk. IV Samarinda Selama Mutu Pandemi COVID-19’, Prodi Kedokteran Gigi, Universitas Mulawarman, 70(4), pp. 921–946.
Safrizal, Reynaldi, F. and Fahlevi, M. I. (2019) ‘Relationships of BPJS Patient Satisfaction (Social Security Agency) With Post-Utilization Response Health Services’, The 1st International Conference on Public Health, (November), pp. 246–256.
Sandy, N., Juliawati, M. and Andayani, L. H. (2022) ‘Patient Satisfaction Level Concerning Dentistry Services during the COVID-19 Pandemic’, e-Gigi, 10(1)(30), pp. 88–94. doi: https://doi.org/10.35790/eg.v10i1.39018.
Sari, S. W. (2015) Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Di Dalem Ngabean Resto, Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sembiring, D. A., Nurwahyuni, A. and Sulistiadi, W. (2020) ‘Analysis Study of The Comparative Quality of Patient Services Before and After Covid-19 Pandemic in Installation of Siloam Hospital TB Simatupang Installation’, pp. 23–28. doi: 10.26911/the7thicph.04.23.
Sholeh, M. and Chalidyanto, D. (2021) ‘The Effect of Service Quality on Loyalty Through Patient Satisfaction in Outpatient of Hospital X, Malang’, JMMR (Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit), 10(2), pp. 148–157. doi: 10.18196/jmmr.v10i2.10239.
Siswantoro, H. et al. (2019) ‘Pengembangan Indeks Mutu Pelayanan Kesehatan Puskesmas’, Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 29(3), pp. 269–284. doi: 10.22435/mpk.v29i3.1156.
Spagnuolo, G. et al. (2020) ‘COVID-19 outbreak: An overview on dentistry’, International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(6), pp. 3–5. doi: 10.3390/ijerph17062094.
Sugiyono, D. (2013) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Sutanti et al. (2019) ‘Analysis of Service Quality on Satisfaction of Inpatient BPJS Patients Participants at Sinar Husni General Hospital’, Tourkish Journal of Physiotherapy and Rehabilitation, 32(3), pp. 8325–8330.
Tawalujan, T. W. et al. (2019) ‘Hubungan Antara Status Akreditasi Puskesmas Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Kota Manado’, Kesmas, 7(5).
Udupa, N., Seetharam, R. and Mukhopadhyay, C. (2020) COVID-19: A Multidimensional Response.
Utama, A., Paripurna, D. A. N. and Kota, D. I. (2018) ‘Analisis Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Berstatus Akreditasi Utama Dan Paripurna Di Kota Semarang’, Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 6(5), pp. 124–134.
‘UU RI No. 20’ (2003) in Undang-Undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional, pp. 147–173.
Vandawati, Z. C. V. et al. (2021) ‘Kepesertaan Program Bpjs Kesehatan Di Tengah Wabah Pandemic Covid-19’, Lex Journal: Kajian Hukum & Keadilan, 4(2). doi: 10.25139/lex.v4i2.3375.
Widyastuti, N. H. and Handayani, I. T. (2020) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Konservasi Gigi Terhadap Kepuasan Pasien Bpjs Di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Kota Surakarta’, The 11th University Research Colloquium 2020, pp. 128–133.
Winarti, Rusmawati, A. and Dian, A. (2021) ‘Quality Of Health Services With Bpjs Patients Satisfaction In Inpatient Rooms General Hospital University of Muhammadiyah Malang’, Journal for Research in Public Health, 2(2), pp. 111–119. doi: 10.30994/jrph.v2i2.36.
Wulan, I. G. A. S., Pertiwi, N. K. F. R. and Prasetya, M. A. (2019) ‘Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Peserta BPJS dan Pasien Umum Terhadap Pelayanan di Faskes Tingkat Pertama Poli Gigi Puskesmas IV Denpasar Selatan’, Bali Dental Journal, 3(2), pp. 64–69. Available at: http://jkg-udayana.org/ojs/index.php/bdj/article/view/166.
Wulandari, L. (2021) ‘Customer Satisfaction During the Covid-19 Pandemic Period at Private Clinic X Surabaya’, Journal of Medical and Health Studies, 2(1), pp. 09–17. doi: 10.32996/jmhs.2021.2.1.2.
Yulyanti, D., Devi, S. and Wahyudin, W. (2020) ‘Analysis of BPJS Patient Satisfaction Indicators in Inpatients at the Waled Regional General Hospital’, Insights in Public Health Journal, 1(1), p. 13. doi: 10.20884/1.iphj.2020.1.1.2404.
DOI: https://doi.org/10.35730/jk.v13i0.860

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.