ANALISIS WAKTU TUNGGU PASIEN RAWAT JALAN DAN KOMPETENSI PETUGAS DALAM PELAYANAN REKAM MEDIS DI RSUD KECAMATAN MANDAUTAHUN 2021
Abstract
Latar Belakang Masalah: Waktu tunggu adalah waktu yang digunakan pasien untuk mendapatkan pelayanan kesehatan mulai dari tempat pendaftaran sampai masuk ke ruang pemeriksaan dokter.
Tujuan : Tujuan penelitian untuk mengetahui Waktu Tunggu Pasien Rawat Jalan dan Kompetensi Petugas Dalam Pelayanan Rekam Medis di RSUD Kecamatan Mandau.
Metode: Metode penelitian yang digunakan Eksplanatori sekuensial, informan berjumlah 9 orang, 100 sampel.
Hasil: Hasil penelitian observasi rata-rata waktu tunggu di bagian pendaftran 4 Menit 27 Detik, di penyimpanan 6 menit dan distribusi 4 Menit 48 Detik. dengan 69% waktu tunggu lebih dari 10 menit dan (31%) waktu tunggu kurang 10 menit.
Simpulan: Proses Pelayanan Di Bagian Tempat Pendaftaran Pasien (TPP) dimulai dari menerima pendaftaran, pelayanan dibagian filing menggunakan system penyimpanan sentralisasi, dibagian pendistribusian petugas nya hanya satu orang sehingga membuat pendistribusian terkendala waktu pendistribusian. Motif dalam pelayanan rekam medis pasien sangat resposif dalam menjalan pekerjaan, motivasi petugas rekam medis sangat bagus, tetapi Reward belum ada, SDM dan sarana prasarana masih kurang. Pengetahuan petugas dalam standar waktu tunggu pasien masih kurang, karena petugas masih ada yang berlatar belakang non rekam medis. Kesimpulan terkait pengetahuan petugas tentang rekam medis masih kurang sehingga di perlukan adanya pelatihan tentang kualitas petugas pelayanan yang terbaik, penambahan SDM, adanya supervise dan evaluasi.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Permenkes. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Jakarta: Kementerian Kesehata RI; 2009.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. Jakarta: Permenkes RI; 2009.
Ilyas Y. Kinerja-Teori, Penilaian dan Penelitian. Jakarta: FKM UI; 2012. 80–83 p.
Wibowo. Manajemen Kinerja. Lima. Jakarta: Raja Grafindo Persada; 2008. 480 p.
Ery Rustiyanto. Etika Profesi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan [Internet]. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2009. 122 p. Available from: http://perpustakaan.bppsdmk.kemkes.go.id//index.php?p=show_detail&id=1934
Azwar A. Program Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Yayasan Penerbit IDI; 2010.
Ri D. Departemen Kesehatan Ri. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2007. Jakarta: Depkes RI; 2008.
Notoatmodjo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2018.
Simanjuntak M. Tinjauan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pendaftaran Rawat Jalan Di RSUD.Dr.R.M. DJOELHAM BINJAI. Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda. 2016;1(1):21–8. Available from: https://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/JIPIKI/article/view/5
Andria FD, Sugiarti I. TINJAUAN PENYEDIAAN DOKUMEN REKAM MEDIS DI RSUD Dr. SOEKARDJO KOTA TASIKMALAYA. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia. 2015;3(2):51–7. https://doi.org/10.33560/.v3i2.85
Agustina IE, Hastuti AP, Mulyono S. Tinjauan Alur Prosedur Pelayanan Pasien Rawat Jalan Peserta Jamkesmas Di RSUD Kabupaten Karanganyar. Kesehatan. 2010;IV(2):38–62.
Widya Sandika T, Mutia Fadila Sari U. Tinjauan Pelaksanaan Pendistribusian Berkas Rekam Medis Rawat Jalan Di Rumah Sakit Khusus Paru Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Perekam dan Informasi Kesehatan Imelda (JIPIKI). 2019;3(2):493–7. https://doi.org/10.52943/jipiki.v3i2.68
Asori M. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima; 2009. 250–261 p.
Smith EE, Kosslyn SM. Psikologi kognitif : Pikiran dan otak / Edward E. Smith, Stephen M. Kosslyn. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2014. 540 p.
Wijayanti AI. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Melalui Motivasi Kerja Ppegawai. Jawa. 2018;1–119.
Mubarak W iqbal, Dkk. Buku ajar ilmu keperawatan komunitas 2 : teori & aplikasi dalam praktik dengan pendekatan asuhan keperawatan komunitas, gerontik dan keluarga. Jakarta: CV. Sagung Seto; 2006. 361 p.
DOI: https://doi.org/10.35730/jk.v13i0.833

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.