KETERPAPARAN MEDIA MASSA DAN PERILAKU PENCEGAHAN KEPUTIHAN PATOLOGIS

fitrina bachtar, Fitria Afni Anesa, Sefrina Yosi

Abstract


Latar Belakang Masalah: Keputihan patologis merupakan gejala awal infeksi genetalia yang umum di derita wanita usia subur. Data penelitian kesehatan reproduksi dunia melaporkan bahwa 30% wanita usia subur mengalami infeksi bakterial vaginosis, 75% pernah mengalami vulvovaginal kandidiasis, dan 40%-45% mengalami sebanyak dua kali atau lebih. Kota Padang berada pada peringkat pertama kasus infeksi genetalia di Sumatera Barat, dan insiden tertinggi di Puskesmas Seberang Padang dengan 566 orang pengidap bakterial vaginosis, kandidiasis, herpes genitalia dll. Perilaku pencegahan keputihan patologis dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya media massa.

Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan keterpaparan media massa dengan perilaku pencegahan keputihan patologis di Puskesmas Seberang Padang.

Metode: Metode penelitian ini adalah survey analitik dengan desain cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2017 – Mei 2017. Populasinya adalah semua wanita pasangan usia subur yang berkunjung ke Puskesmas Seberang Padang sebanyak 2518 orang. Teknik pengambilan sampel secara consecutive sampling, dengan total sampel sebanyak 42 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner keterpaparan media massa dan perilaku pencegahan keputihan patologis. Analisis data terdiri dari univariat dan bivariat menggunakan komputerisasi dengan uji Chi-Square.

Hasil: Hasil penelitian didapatkan 52,4% responden terpapar media massa rendah dan 50% responden memiliki perilaku pencegahan keputihan patologis rendah,. Hasil analisis bivariat terdapat hubungan yang bermakna antara keterpaparan media massa dengam perilaku pencegahan keputihan patologis (p = 0,031).

Simpulan: Kesimpulan dari penelitian adalah terdapat hubungan antara keterpaparan media massa dengan perilaku pencegahan keputihan patologis. Pemberian penyuluhan dan pendidikan kesehatan yang merata dengan memanfaatkan media massa setempat dapat membantu meningkatkan perilaku pencegahan keputihan pada wanita pasangan usia subur.


References


World Health Organization. Sexually Tranmitted Disease 2016. [cited]http://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs110/en/ Diakses pada 28 Januari 2017.

National Center for HIV/AID, Viral Hepatitis, STD and TB Prevention. CDC Factsheet : Reported STDs in the United States. United States. 2016.

Direktorat Jendral Pengendalian Penyakit & Penyehatan Lingkungan Kementrian Kesehatan RI. Laporan Survey Terpadu Biologi dan Perilaku. 2013.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2015. Jakarta : Kemenkes RI. 2015.

Dinas Kesehatan Kota Padang. Profil Kesehatan kota Padang Tahun 2015. Padang : Dinkes Padang. 2016.

Dinas Kesehatan Kota Padang. Laporan Bulanan Dinkes Padang 2016. Padang : Dinkes Padang. 2016.

Kusmiran, E. Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. Penerbit Salemba Medika, Jakarta. 2012.

IUSTI/WHO. Guideline on Management of Vaginal Discharge. World Health Organization Report. 2011.

Setiani Tri Indah dkk. Kebersihan Organ Kewanitaan dan Kejadian Keputihan Patologi pada Wanita Usia Subur di Bantul Yogyakarta. Jurnal Penelitian. 2014.

Patni DA Ayu Sri Peling Maheny. Gambaran Perilaku Hygiene Vagina Pada Wus Yang Berkunjung Ke Puskesmas Di Kabupaten Gianyar Tahun 2015. [Skripsi] Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. 2015

Notoatmodjo, Soekidjo. Ilmu Perilaku Kesehatan. Penerbit : Rineka Cipta. Jakarta. 2010

International NGO Forum on Indonesian Development.Panduan SDGs Untuk Pemerintah Daerah dan Pemangku Kepentingan Daerah.SDGs INFID. 2016.

Dyah Alyusi Shiefti. Media Sosial : Interaksi, Identitas, dan Modal Sosial. Penerbit Kencana. 2016.

Hendarin, E. D. Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Praktek Bilas Vulvo -Vaginal pada Pekerja Seks Komersial di Lokalisasi Peleman Kabupaten Tegal. [Thesis] Program Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro. Semarang. 2009

Rahmayanti Novita. Perilaku Perawatan Kebersihan Alat Reproduksi dalam Pencegahan Kanker Serviks pada Siswi SMAN 9 Kebon Pala Jakarta Timur. [Skripsi] Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Badaryati Emi. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pencegahan dan Penanganan Keputihan Patologis di Kota Banjarbaru 2012. [Skripsi] Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. 2012

Rakhmat, J. Psikologi komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2005.




DOI: https://doi.org/10.35730/jk.v13i2.607

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.