HUBUNGAN STRESS DENGAN KUALITAS HIDUP PENDERITA HIPERTENSI

Ulfa Hasana, Ihta Roza Harfe'i

Abstract


Penyakit degenerative merupakan penyakit tidak menular yang berlangsung kronis salah satunya adalah hipertensi. Hipertensi dapat mempengaruhi tingkat stress pada pasien yang membutuhkan terapi yang lama, stress yang berkelanjutan dapat mempengaruhi kualitas hidup dalam aspek fisik, psikologis dan social. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat stress dengan kualitas hidup penderita hipertensi di wilayah kerja puskesmas lima puluh kota pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain deskriptif korelasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling dengan jumlah responden 70 orang. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner Depression Anxiety Stress Scale (DASS42), dan kuesioner World Health Organization Quality Of Life (WHOQOLBREF). Data dianalisa univariat dengan distribusi frekuensi tingkat stress dan distribusi frekuensi kualitas hidup. Analisa bivariat dengan uji statisitik chi-square untuk menganalisa hubungan kedua variabel. Hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian besar penderita hipertensi yaitu 42 orang (60%) mengalami tingkat stress berat, dan lebih dari separuh penderita hipertensi yaitu 57 orang (81%) memiliki kualitas hidup yang buruk. Hasil uji statistik (chi-square) diperoleh nilai p= 0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat stress dengan kualitas hidup penderita hipertensi di Puskesmas Lima Puluh Kota Pekanbaru. Berdasarkan hal tersebut disarankan kepada penderita hipertensi untuk dapat mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat stress pada penderita hipertensi dan kemudian mampu menangani stress tersebut, supaya tidak berkepanjangan dan bertambah berat yang dapat menyebabkan kualitas hidup penderita hipertensi menjadi buruk.

Keywords


Hipertensi, Stress, kualitas hidup

Full Text:

PDF

References


Agustina (2012). Care your self hipertensi. Penebar plus+, Depok.

Andriana Sari (2017). Pengukuran Kualitas Hidup Pasien Hipertensi Di Puskesmas Mergagen Yogyakarta Menguunakan Europan Quality Of Life 5 Dimensions (EQ5D) Questionnae Dn Visual Analog Scale (VAS) Unniversitas Ahmad Dahlan: jurnal ilmiah.

Anies, 2018. Penyakit degeneratif Mecegah & Mengatasi Penyakit Degeneratif Dengan Perilaku Hidup & Pola Hidup Modern Yang Sehat. Yogyakarta: Ar-ruuz Media, 2018.

Arikunto, S (2010). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Azizah Rohmatul (2016). Hubungan Antara Tingkat Stress Dengan Kualitas Hidup Lansia Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Wonopringgo Pekalongan. Karya Tulis Ilmiah, Program Studi Ners

Stikes Muhammadyah Pekalongan.

Azmi Nur, dkk (2018). Gambaran Kualitas Hidup Lansia Dengan Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Sidomulyo Kecamatan Tampan Pekanbaru. Fakultas Keperawatan Universitas Riau.

Bulan, S (2009). Factor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kualitas Hidup Anak Thallasemia Beta Mayor. Tesis. Program Pasca Sarjana Ilmu Biomedik Dan Program Pendidikan Dokter Spesialis 1 Ilmu Kesehatan Anak, Universitas Diponegoro,diaksesdarihttp://e prints.undip.ac.id/24717/1/San dra_Bulan.pdf

Departemen kesehatan RI, 2018. Riset Kesehatan Dasar 2018.

Dewi, (2013). Gambaran Kualitas Hidup Pada Lansia Dengan Normotensi Dan Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Gianyar I Periode Bulan November Tahun 2013. Jurnal kesehatan, bali: Universitas udayana.

Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru (2018).Profil Dinas Kesehatan Dinas Kota Pekanbaru

Farina, M. (2013). Hubungan Tingkat Stress Kecemasan Dengan Derajat Hipertensi. Skripsi, Universitas Andalas. Fakultas keperawatan, padang : tidak diterbitkan.

Gonibala Rika S, dkk (2017). Penderita Hipertensi Harus Disiplin. Diperoleh pada tanggal 19 maret 2018, dari: http//inilah.com.

Gultom Agustina, Boru dkk (2018). Korelasi Stress Dan Kualitas Hidup Pasien Hipertensi. Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan. Jkesvo (jurnal kesehatan vokasional) vol. 3 no 2 November 2018.

Hidayat Aziz, (2011). Metode Penelitian Keperawatan Dan Tekhnik Analisis Data. Jakarta: selemba medika.

Hilmi., H. 2014. Gambaran Tingkat Stress Pada Lansia Yang Menderita Hipertensi Di Gandu Sendang Tirto Berbah Sleman Yogyakarta . skripsi. Yogyakarta : STIKes Aisyah.

Koesanto, S,. dalam novandhori, D R. 2013. Hubungan Peran Keluarga Dengan Kulaitas Hidup Lansia Yang Mengalami Gangguan Fungsi Kognitif Di Desa Windunegara Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas. Skripsi Universitas Jenderal Sudirman.

Nofitri (2009).Kualitas Hidup Penduduk Dewasa Di Jakarta.Diambil Tanggal 11 April 2019 dari http://www.lontar.ui.ac.id.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Organization WH. A Global Brief On Hypertension: Silen Killer, Global Public Health Crises (World Health Day 2018). Geneva : 2018.

Prasetyorini, 2012. Stress Pada Penyakit Terhadap Kejadian Komplikasi Hipertensi Pada Pasien Hipertensi. Jurnal Keperawatan. Kediri : stikes RS Baptis.

Prawisuja Kusuma (2012). Metodologi penelitian kesehatan, CV Andi Offset, Yogyakarta.

RISKESDAS. (2018). Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar Indonesia. Jakarta Bada Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan R.I.

Saleh Muhammad, dkk (2014).Hubungan Tingkat Stress Dengan Derajat Hipertensi Pada Pasien Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Padang Tahun 2014. Jurnal Kesehatan. Fakultas Keperawatan Universitas Andalas.

Santos ,L,C,. Chaves., C,B., Andrade, A,I., Duarte,J, C. (2013). The influence of stress on the quality of life og hypertensive patients. The europan jurnal of counseling psychology, vol 2 (2).

Setiadi, 2013. Konsep Dan Praktik Penulisan Riset Keperawatan Dalam (Edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu).

Sulistyarini , I, 2013. Terapi Relaksasi Untuk Menurunkan Tekanan Darah Dan Meningkatkan Kuallitas Hidup Penderita Hipertensi. Jurnal psikologi, vol 40;1 : 28-38.

Superkertia, I,G,M,E., Astuti, I.W., Lestari, M.P.L. (2016). Hubungan Antara Tingkat Spiritual Dengan Tingkat Kualitas Hidup Pada Pasien HIV/AIDS Di Yayasan Spirit Paramacita Denpasar. Jurnal Keperawatan Coping Ners, 4. 1, 49-53.

Suyanto, 2011. Metodologi Dan Aplikasi Penelitian Keperawatan : Yogyakarta. Muha medika.

Wayan (2013), Dukungan Keluarga Dan Kualitas Hidup Lansia Hipertensi. Jurnal keperawatan. Denpasar : politeknik kesehatan Denpasar.

Sunaryo 2014.Psikologi Unutk Keperawatan. Jakarta: EGC.




DOI: http://dx.doi.org/10.35730/jk.v0i0.437

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.35730/jk.v0i0.437.g467

Jurnal Kesehatan Publisher by LPPM Institut Kesehatan Prima Nusantara Bukittinggi Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.