PENGARUH TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA PRASEKOLAH

Rizkia Dwi Oktaviyani, Oryza Intan Suri

Abstract


Anak usia prasekolah adalah anak yang berusia 3-6 tahun. Pada masa ini, diperlukan pemantauan terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak, dimana panca indera dan sistem penerimaan rangsangan serta proses memori harus siap sehingga anak mampu belajar dengan baik, proses belajar pada masa prasekolah adalah dengan cara bermain. Kemampuan kognitif dalam proses pembelajaran, anak lebih sering menggunakan permainan yang menyenangkan agak anak dapat mengeksplor kreativitasnya dengan cara belajar sambil bermain. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Terapi Bermain Puzzle Terhadap Perkembangan Kognitif Usia Prasekolah di TK/TPQ Plus Hidayatullah. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif dengan penelitian Quasi Eksperimental Design One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian sebanyak 30 murid dengan Purposive Sampling. Metode analisis data menggunakan Uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil kelompok sebelum dan sesudah Uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukan p value perkembangan bahasa 0,02, p value perkembangan motorik halus 0,014, p value perkembangan sosial 0,008, dan p value menggunakan lembar observasi 0,025 dengan standar p value < 0,05. Kesimpulan: ada pengaruh kelompok sebelum dan sesudah dilakukan terapi bermain puzzle.

Keywords


Anak Prasekolah, Perkembangan Kognitif, Puzzle

Full Text:

PDF

References


Adriana, Dian. (2017). Tumbuh Kembang & Terapi Bermain pada Anak (Edisi 2). Jakarta: Salemba Medika.

Ardra. (2010). Ciri-ciri Pertumbuhan Anak yang Sehat.

https:/ardra.bit/kesehatan/kesehatan anak/ciri-ciri anak yang sehat/.

Arifin, Sabar. (2015). Hubungan Tingkat Pendidikan Ibu.Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Ayu, Saphira & Hartono, Fitri &Adyaksa, Gana. (2013). Hubungan Antara Gangguan Tidur dengan Perkembangan Pada Anak Studi Pada Anak Usia 3-6 tahun di Semarang. Semarang: Universitas Deponogoro.

Depkes. (2012). Profil-Kesehatan-Indonesia. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Dinda, Yuswara Gita. (2017). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Manyaran Tahun Ajaran 2016/2017.Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fithriyah, AF. (2015). Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Melalui Media Puzzle dapat meningkatkan Hasil Belajar dalam Materi Hadist tentang Kebersihan Kelas 1 Semester Genap MI Miftahul Ulum, Tahun Ajar 2014-2015. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Fitriyanti, Lia & Rosidah, Nurfitri. (2017). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kemampuan Motorik Halus Bermain Puzzle Pada Anak Prasekolah di RSUD Pasar Rebo Jakarta Timur 2017. Jurnal Ilmiah Kesehatan 9 (1): Maret 2017.

Inggried, Caludia Muloke, dkk. (2017). Pengaruh Alat Permainan Edukatif (Puzzle) Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Desa Linawan Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Manado: Universitas Sam Ratulangi.

Krisdiyanti, Nina. (2015). Penatalaksaan Terapi Latihan untuk Anak Developmental Delay di Griya Fisio Bunda Novy Yogyakarta. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Patmawati, Renia. (2017). Hubungan Bermain Puzzle dengan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia 3-4 tahun di TK Pharma Wanita Persatuan Sukarame Bandar Lampung. Skripsi.

Metriani. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK LPM Raman Endra. Lampung: Universitas Lampung.

Murini. (2016). Upaya Meningkatkan Kemandirian Melalui Kegiatan Menyusun Puzzle Pada Anak Kelompok B2 Di Tk Pertiwi 49 Canden Jetis Bantul. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Mussa’diyah, Liza (2014). Perkembangan Jean Peaget untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Anak Diskalkulia: Studi Kasus pada Siswa X di MI Pangeran Diponogoro Surabaya. Surabaya: UIN Sunan Ampel.

Naimah, Marwiyatun. (2012). Peran Postive Deviance Guru dalam mendukung Perkembangan Kognitif Anak Berkebutuhan Khusus. Malang: Universitas Islam Negri Malang.

Notoatmodjo (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurvita, Fitri. (2014). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini di TK Pertiwi Karanglor, Manyaran, Wonogiri Tahun Ajar 2013/2014. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Putri, Pratika Kusuma (2015). Hubungan Antara Pola Komunikasi Orang Tua dengan Kejadian temper tatrum pada Anak usia Prasekolah di Paud X Batturaden. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Pamungkas, Trino Andi. (2013). Pengaruh Pemakaian Rompi Bergambar terhadap Kecemasan Sebagai Efek Hospitalisasi pada Anak Usia Prasekolah yang di rawat di Ruang Cempaka RSUD Dr. R Goetheng Taroenadibrata, Purbalingga. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Pramunda, Putri Farah. (2016). Pengaruh Bermain Jigsaw Puzzle Terhadap Tingkat Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Desa Klapagada Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Saputro, J. Pamungkas. (2015). Pengetahuan Ibu Tentang Perkembangan Kognitif Usia Prasekolah di desa Bargarsari, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun. Ponogoro: Universitas Muhammadiyah Ponogoro.

Setyaningsih, Tunggul Sri Ayu & Wahyuni, Hesti. (2018). Stimulasi Permainan Puzzle Berpengaruh terhadap Perkembangan Sosial dan Kemandirian Anak Usia Prasekolah. Jurnal. Jurnal Keperawatan Silampari (JKS) Volume 1, No.2.

Sugiyono (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Wahyuni, Nanik dan Maureen, IY. (2010). Pemanfaatan Media Puzzle Metamorfosis dalam pembelajaran Sains untuk meningkatkan hasil Balajar Siswa Kelas II SDN Sawunggaling 1/382 Surabaya. Jurnal teknologi Pendidikan Vol. 10 (2) halaman 77.

Zianeda, Faradhita Amaral. (2017). Pengaruh Permainan Puzzle terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Kelompok A TK Muslimat NU Khadijah Desa Ngepung Kecamatan Patianrowo, Kabupaten Ngajuk. Artikel. Simki-Pedagogla Volume 1, No.1 Tahun 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.35730/jk.v10i2.406

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. Publisher: LPPM STIKes Prima Nusantara Bukittinggi