DURASI PENGGUNAAN GADGET TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH

Oryza Intan Suri, Dewi Anggraini, Wieke Fitriani

Abstract


Latar Belakang Masalah: Pada era globalisasi gadget sangat mudah untuk dijumpai, gadget pada masa kini sangat disukai anak-anak. Sebab gadget saat ini telah berevolusi menjadi barang yang menarik serta penyajian aplikasi yang beragam ini tak ayal membuat anak sangat senang berlama-lama didepan gadget mereka. Penggunaan gadget secara berlebihan dan tidak tepat akan menjadikan seseorang bersikap tidak peduli pada lingkungannya baik dalam lingkungan keluarga maupun masyarakat.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan durasi penggunaan gadget terhadap interaksi sosial pada anak usia pra sekolah di RW 015 Kelurahan Sukabakti Kecamatan Curug Kabupaten Tangerang.

Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian cross sectional teknik sampling yang digunakan yaitu quota sampling dengan 80 responden.

Hasil: Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah terdapat hubungan antara durasi penggunaan gadget terhadap interaksi sosial pada anak usia pra sekolah di RW 015 Kelurahan Sukabakti dengan hasil signifikasi 0,000 < 0,05.

Simpulan: Diharapkan orangtua agar membatasi pemberian gadget pada anak. Serta mengawasi anak dalam menggunakan gadget agar tidak berdampak negatif terutama penurunan dalam interaksi sosial anak.


Full Text:

PDF

References


Agustin, Ririn P. (2019). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Emosional Pada Anak Usia Preschool. Surabaya: STIKes Hang Tuah Surabaya

Badan Pusat Statistik Provinsi Banten. (2017). Statistik Kepemilikan Telepon Seluler. Diakses di https://banten.bps.go.id/news.html

Kharmina N. Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Orientasi Pola Asuh Anak Usia Dini. Semarang; 2011.

Mayar F. Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit Untuk Masa Depan Bangsa. Jurnal Al-Ta'lim. 1. (6). h:459-464. Padang; 2013.

Munisa. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini Di TK Panca Budi Medan. Jurnal ISSN: 1979-5408

Novitasari, Wahyu. (2016). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai. Volume 05 Nomor 03 Tahun 2016, 182-186

Rideout V. Zero to eight: Electronic Media Inthe Lives Of Infants, Toddlers And Preschoolers. Common Sense Media Research Study; 2013. School of parenting. (2019). Bahaya Anak Sering Main Gadget. Di akses di laman https://schoolofparenting.id/jangan-lengah-parents-ini-bahayanya-anak-sering-bermain-gadget/

Sujanti, (2018). Hubungan Lama Dan Frekuensi Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Pra Sekolah di TK Islam Al Irsyad 01 Cilacap.

Viandarid, Kadek. & Susilawati, Kadek. (2019). Peran Pola Asuh Orangtua Dan Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Prasekolah. Jurnal Psikologi Udayana e-ISSN: 2654 4024

World Health Organitation (WHO). (2019). Batas Penggunaan Gadget Oleh Balita Maksimal 1 Jam. Diakses di https://tekno.kompas.com/read/2019/04/28/08390067/who--batas-penggunaan-gadget-oleh-balita-maksimal-1-jam




DOI: https://doi.org/10.35730/jk.v12i2.405

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.