ANALISIS KEDISIPLINAN PEGAWAI NEGERI SIPIL DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN SOLOK TAHUN 2019

Ade Rahmadini, Firdawati Firdawati, Tuti Ernawati

Abstract


Latar Belakang Masalah: Dalam rangka mencapai tujuan nasional, diperlukan adanya Pegawai Negeri Sipil  (PNS) sebagai unsur aparatur negara yang memiliki rasa tanggung jawab dan disiplin yang tinggi untuk melaksanakan tugas sebagai abdi negara. Berdasarkan observasi di lapangan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Solok menunjukkan bahwa masih terdapat beberapa PNS yang melanggar disiplin kerja.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kedisiplinan PNS di Dinas Kesehatan Kabupaten Solok tahun 2019.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi (mixedmethods) dengan desain penelitian sequential explanatory. Penelitian ini dimulai sejak bulan Januari 2020 sampai bulan Desember 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh staf PNS Dinas Kesehatan Kabupaten Solok yaitu sebanyak 58 orang dengan menggunakan teknik total sampling.Tahap selanjutnya adalah melakukan wawancara mendalam (indepth interview) dan telaah dokumen dengan responden untuk melakukan analisis melalui pendekatan sistem

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  hasil perhitungan indikator disiplin yang memiliki nilai kecenderungan tinggi dengan rincian absensi 89,91% (tinggi), kepatuhan 92,5% (sangat tinggi) dan komitmen 85,5% (tinggi). Hal ini juga didukung oleh hasil wawancara dan observasi.

Simpulan: Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan PNS Dinas Kesehatan Kabupaten Solok sudah baik, namun masih perlu ditingkatkan lagi.


Full Text:

PDF

References


Amiruddin, S. E., & Si, M. (2019). Pengaruh Etos Kerja, Disiplin Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Biak Numfor. Penerbit Qiara Media.

Aspiyah, M., & Martono, S. (2016). Pengaruh Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja dan Pelatihan pada Produktivitas Kerja. Management Analysis Journal, 5(4).

Astutik, M. (2017). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Jombang. JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen dan Perbankan), 2(2), 141-159.

Flippo B, Edwin. (2011). Manajemen Personalia. Jakarta: Erlangga

Hardisman. (2020). Kupas Tuntas dan lugas Metodologi Penelitian Kualitatif. Depok: Rajawalipers.

Hasibuan, Malayu. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia: Edisi Revisi Cetakan Kelima. Jakarta: Bumi Aksara.

Husein, Umar. (2000). Riset Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Karomah, M. S. M. (2017). Pengaruh implementasi kebijakan absensi Finger Print terhadap disiplin kerja pegawai di Kantor Kementerian Agama Kota Bandung Provinsi Jawa Barat (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Kusuma, D. M. (2013). Kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kantor Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Administrasi Negara, 1(4), 1388-1400.

Offirstson, Topic. (2014). Mutu Pendidikan Madrasah Tsanawiyah. Deepublish.

Mohtar, I. (2019). Hubungan Antara Motivasi Kerja Dan Pengalaman Kerja Dengan Kinerja Guru Madrasah. Uwais Inspirasi Indonesia

Moenir A.S. (1983). Pendekatan Manusia dan Organisasi Terhadap Pembinaan Kepegawaian. Jakarta: Gunung Agung.

Mowday, R.T., Porter, L.W., & Steers, R.M. (1982). Employee-organization linkages: The psychology of commitment, absenteeism, and turnover. New York: Academic Press.

Mustaqim, A. A. K. (2019). Implementasi Disiplin Kerja Dan Produktivitas Kerja Berdasarkan Etos Kerja Islami Pada Cv. Putra Mina Yogyakarta.

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil

Pebriyadi. (2020) Pengaruh Motivasi Kerja dan Pemberian Tunjangan Kinerja Terhadap Kinerja Pegawai Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Lampung Utara. (Tesis Universitas Muhammaddiyah Metro) Lampung.

Rivai, Veithzal. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: Murai Kencana.

Setiawan, E. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Komitmen Organisasi Terhadap Disiplin Kerja Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Prima Ekonomika, 9(1).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sutrisno, Edy. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.35730/jk.v12i2.395

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.