HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG POSYANDU LANSIA DENGAN KUNJUNGAN POSYANDU PADA LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GUGUAK PANJANG BUKITTINGGI

Siti Mutia Kosasi, Cecep Sobirin

Abstract


Berdasarkan data kunjungan lansia di wilayah kerja Puskesmas Guguak Panjang cakupan pelayanan lansia 60%. Hal ini menunjukkan bahwa kunjungan lansia ke posyandu lansia diwilayah kerja Puskesmas Guguak Panjang Bukittinggi belum mencapai target 80%. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui adanya hubungan pengetahuan tentang posyandu lansia dengan kunjungan posyandu pada lansia di wilayah kerja puskesmas Guguak Panjang Bukittinggi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah survey analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 14-27 Agustus 2013. Populasi pada penelitian ini adalah semua lansia yang berada diwilayah kerja Puskesmas Guguak Panjang Bukittinggi yang berjumlah 81 orang, dengan sampel sebanyak 45 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Data diolah dengan menggunakan uji statistic chi sqaure.
Hasil penelitian didapatkan lebih dari separoh lansia memiliki pengetahuan baik tentang posyandu lansia (55,6%) dan sebagian lansia kurang aktif melakukan kunjungan ke posyandu lansia (44,4%). Hasil uji statistic chisquare hubungan pengetahuan dengan kunjungan posyandu didapatkan p value < 0,05.
Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan kunjungan posyandu lansia. Diharapkan kepada pelaksana program promosi kesehatan supaya meningkatkan penyuluhan terhadap masyarakat tentang manfaat posyandu lansia dan memotivasi lansia untuk mengikuti posyandu lansia.



DOI: https://doi.org/10.35730/jk.v5i1.217