HUBUNGAN STATUS GIZI TERHADAP USIA MENARCHE PADA REMAJA PUTRI USIA 10-16 TAHUN DI SMPN I BASO

Evi Susanti

Abstract


Status gizi adalah ukuran keberhasilan dalam pemenuhan nutrisi untuk anak yang diindikasikan oleh berat badan dan tinggi badan anak. Status gizi juga didefinisikan sebagai status kesehatan yang dihasilkan oleh keseimbangan antara kebutuhan dan masukan nutrien. Penelitian status gizi merupakan pengukuran yang didasarkan pada data antropometri serta biokimia dan riwayat diit.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara status gizi terhadap menarche pada remaja putri usia 10-16 tahun.
Desain penelitian ini adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional, penelitian ini dilakukan pada Mei 2012. Pengambilan sampel dilakukan secara (system random sampling) sebanyak 35 sampel.Pengolahan data ini dilakukan dengan uji chi-square dengan menggunakan sistem komputerisasi.
Hasil pengolahan data univariat didapatkan dari 35 orang responden yang di ukur status gizinya memiliki perbadaan yang jelas antara overweight sebanyak 11 orang ( 31,4%) dengan normal sebanyak 23 orang (65,7%) serta underweight sebanyak 1 orang (2,9 %) di SMPN I Baso tahun 2012 dan lebih dari separuhnya memiliki kategori usia yang normal ketika mengalami menarche,yaitu sebanyak 26 orang responden (74,3%). Analisa bivariat didapatkan ada hubungan yang bermakna antara status gizi dan usia menarche dengan p=0,029.
Hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa ada hubungan antara status gizi dan menarche diharap kan kepada petugas kesehatan dapat melakukan pendataan siswa SMP mengenai status gizi terhadap menarche sehingga bisa memberikan penyuluhan.



DOI: http://dx.doi.org/10.35730/jk.v3i1.177

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.35730/jk.v3i1.177.g142



Jurnal Kesehatan Publisher by LPPM Institut Kesehatan Prima Nusantara Bukittinggi Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.