HUBUNGAN PENGETAHUAN REMAJA TENTANG SEKS DENGAN SIKAP REMAJA SISWA KELAS XI TERHADAP SEKS DI SMA N 1 SOLOK TAHUN 2010

Susi Fitrianti, Veska Rianda

Abstract


Remaja dalam perkembangannya memerlukan lingkungan adaptif yang menciptakan kondisi yang nyaman untuk bertanya dan membentuk karakter bertanggung jawab terhadap dirinya. Ada kesan pada remaja, seks itu menyenangkan, puncak rasa kecintaan, yang serba membahagiakan sehingga tidak perlu ditakutkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan remaja tentang seks dengan sikap remaja terhadap seks yang terjadi pada remaja saat ini, serta memberikan pemahaman dengan benar tentang materi pendidikan seks.
Jenis penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional, sampel di ambil dengan teknik random sampling dengan jenis simple random sampling yaitu 77 responden dari 350 murid SMA dengan menggunakan kuisioner yang dibagikan kepada responden. Pengolahan data dilakukan dengan chi-square, system komputerisasi dengan program SPSS.
Dari 77 responden yang di temukan saat penelitian didapatkan sebagian besar 62,3% responden memiliki pengetahuan tinggi, 37,7% responden memiliki pengetahuan rendah. Kemudian sebagian kecil 36,4% memiliki sikap negatif, dan 63,6% yang memiliki sikap positif.
Dapat disimpulkan dari hasil penelitian Dimana P=0,004 (P<0,05) yang artinya ada hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan remaja tentang seks dengan sikap remaja terhadap seks. Disarankan kepada pendidikan untuk lebih memperhatikan pembelajaran tentang seks, sehingga hal tersebut tidak di anggap tabu oleh para remaja. Memperjelas bahwa efek yang timbul akibat seks bebas dapat membahayakan diri sendiri sehingga remaja mengerti dan mulai menjauhi seks bebas.



DOI: http://dx.doi.org/10.35730/jk.v2i2.159

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.35730/jk.v2i2.159.g124



Jurnal Kesehatan Publisher by LPPM Institut Kesehatan Prima Nusantara Bukittinggi Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.