PENGALAMAN PASIEN PERTAMA KALI TERDIAGNOSIS KANKER PARU DITINJAU DARI TEORI THE FIVE STAGES OF GRIEVING

Hidayati Hidayati, Febrian Rahmat Suwandi SN, Dina Ediana

Abstract


Latar Belakang Kanker paru termasuk kedalam salah satu kanker yang mengancam jiwa dan terus meningkat pada sebagian populasi dunia. Penyakit ini masih termasuk kepada masalah kesehatan dengan risiko angka kematian tertinggi dibandingkan penyakit lain.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengalaman pasien ketika terdiagnosa kanker paru ditinjau dari teori The Five Stage Of Grieving. Penelitian ini bersifat Retrospektif dengan pendekatan Phenomenologhi metode Kualitatif. Teknik penngambilan sampel pada penelitian ini Snow Ball Sampling. Jumlah partisipan 8 orang. Hasil penelitian ini dijabarkan kepada 5 fase Denail, Anger, Bargaining, Deppresion and Acceptance. Dengan memperoleh 3 tema Respon pertama kali, dampak fisiologis dan Psikologis dan harapan akan menjalani kehidupan setelah terdiagnosa kanker. Simpulan penelitian ini terjadi beberapa respon yang dialami oleh pasien ketika mengetahui akan kondisi penyakitnya, akan tetapi tenaga kesehatan dapat memahami langkah-langkah penanganan asuhan keperawatan yang akan diberikan kepada pasien. Pasien diharapkan bisa memahami kondisinya serta dapat menjalani proses penyakit untuk keberlangsungan hidup dan kualitas kehidupannya.


Full Text:

PDF

References


Hasaini, A., & Muhlisoh, M. (2021). Apakah ada hubungan stigma dan dukungan keluarga dengan kepatuhan masyarakat dalam protokol kesehatan?. Dinamika kesehatan: jurnal kebidanan dan keperawatan, 12(1), 150-160.

Hasnani, F.(2020). Spiritualitas dan kualitas hidup pada penderita kanker serviks. Master's thesis, Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Saab, M. M., Noonan, B., Kilty, C., FitzGerald, S., Collins, A., Lyng, Á., Kennedy, U., O’Brien, M., & Hegarty, J. (2021). Awareness and help-seeking for early signs and symptoms of lung cancer: A qualitative study with high-risk individuals. European Journal of Oncology Nursing, 50(November 2020). https://doi.org/10.1016/j.ejon.2020.101880

Shabrina, A., & Iskandarsyah, A. (2019). Pengambilan Keputusan mengenai Pengobatan pada Pasien Kanker Payudara yang Menjalani Pengobatan Tradisional. Jurnal Psikologi, 46(1), 72-84.

Putry, D., Fitryani, C., Berek, N. C., & Anakaka, D. L. (2021). The Dynamics of Grief in Late Adolescence After Maternal Death in Terms of The Theory of Kübler-Ross. 3(4), 481–489.

Rispawati, B. H. (2019). Korelasi Karakteristik pasien Terhadap Penerimaan Diagnosa Kanker payudara. REAL in Nursing Journal, 2(2), 1–8. https://ojs.fdk.ac.id/index.php/Nursing/index

Rahariyani, L. D. (2019). Lama Sakit dan Proses Berduka Pada Pasien Kanker.




DOI: https://doi.org/10.35730/jk.v14i1.1019

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.